169 Desa di Babel Diberi Pembekalan Pengembangan BUMDes

kasmirudin
169 Desa di Babel Diberi Pembekalan Pengembangan BUMDes
Pemerintah Provinsi Bangka Belitung memberikan pembekalan pengembangan BUMDes bagi 169 desa di Provinsi Bangka Belitung, di gedung Mahligai rumah dinas gubernur Bangka Belitung, Kamis (11/7/2019). (Foto: Diko)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Provinsi Bangka Belitung memberikan pembekalan pengembangan BUMDes bagi 169 desa di Provinsi Bangka Belitung, yang digelar di gedung Mahligai rumah dinas gubernur Bangka Belitung, Kamis (11/7/2019).

Wakil Gubernur, Abdul Fatah yang hadir sekaligus membuka acara pembekalan mengatakan, pembekalan tersebut dilakukan sebagai upaya meningkatkan peran BUMDes dalam meningkatkan perekonomian sebuah desa.

Sebagaimana diamanatkan Undang-Undang No.6 Tahun 2014 tentang desa, pemerintah memberikan otonomi luas kepada desa untuk mengatur dan mengurus kewenangan desa, termasuk pengelolaan keuangan yakni dana desa dari APBN. Sehingga diatur dalam RKP Desa meliputi Bidang Pembangunan Desa dan Bidang Pembangunan Masyarakat Desa.

"Masih sering terjadi ketika kunjungan ke desa, BUMDes-nya belum ada, atau peran BUMDes ada tapi perannya belum terasa. Nah, untuk itu masyarakat harus mengerti bagaimana pentingnya peran BUMDes," ujarnya.

Gempita pendirian BUMDes dijelaskan wagub, merupakan sebuah jenis usaha yang dikelola dan diprioritaskan untuk perkembangan desa, juga merupakan salah satu langkah dari pemerintah pusat dalam upaya pemerataan pembangunan ekonomi.

"Hadirnya BUMDes tentunya dapat BUMDes dapat meningkatkan perekomian desa dan mencari terobosan untuk desanya, sehingga mampu sama rata dengan desa maju lainnya khususnya dengan perkotaan," ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga wagub menyampaikan keinginan Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, untuk menyempurnakan dan memperbaiki sistem Berkah Mart yang belum baik dan perlu perbaikan. Karena  belum memilki sistem, harga, dan distributor yang sama.

"Harapan kita dapat memudahkan masyarakat mendapatkan bahan kebutuhan pokok yang terjangkau," harapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Babel, Yuliswan mengatakan, pembekalan yang dilakukan ini diberikan kepada 169 desa. Dimana seluruh yang hadir merupakan Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) serta kepala desa yang di ada Bangka Belitung.

"Melalui pembekalan ini, kita harap para peserta dapat menyerap dengan baik pengetahuan yang disampaikan oleh para narasumber. Sehingga dapat diaplikasikan di masing-masing desa dengan harapan dapat memajukan desa melalui langkah - langkah yang strategis, bermanfaat dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian dan pembangunan desa," kata Yuliswan. (BBR)


 

Penulis  : Diko
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review