18.499 APK Ditertibkan Bawaslu Bangka Tengah

kasmirudin
18.499 APK Ditertibkan Bawaslu Bangka Tengah
Bawaslu Bangka Tengah menertibak Alat Peraga Kampanye yang belum dilepaskan oleh peserta Pemilu, menjelang hari pencoblosan. (Foto: Faisal)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Sejak masa kampanye Pemilu 2019 berakhir Sabtu (13/4/2019) kemarin, ribuan Alat Peraga Kampanye (APK) berhasil ditertibkan Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah.

Penertiban yang dilakukan serentak tersebut dilakukan oleh Panwaslu setiap Kecamatan bekerja sama dengan BKO Sat Pol PP serta didampingi pengamanan dari personel Polsek.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, Robianto mengatakan, kalau pihaknya sudah melayangkan surat peringatan kepada para peserta Pemilu tahun 2019 untuk menurunkan sendiri Alat Peraga Kampanye (APK) dan alat peraga Lainnya menjelang masa tenang pada tanggal 14 - 16 April 2019.

"Ternyata kami masih menemukan banyak APK yang belum ditertibkan. Dalam  penertiban yang kami lakukan tetap mengedepankan sikap santun dan menjaga kondusifitas, kedamaian serta keamanan di wilayah Kabupaten Bangka Tengah jelang pelaksanaan Pemilu, 17 April besok," ujar Robianto, Selasa (16/4/2019).

Ia menyampaikan, hasil temuan Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah bersama Panwaslu Kecamatan se Bangka Tengah, jumlah APK dan alat peraga lainnya yang ditertibkan di Kecamatan Koba sebanyak 3.748 buah, Kecamatan Lubuk Besar sebanyak 3.601 buah, Kecamatan Namang sebanyak 1.440 buah, Kecamatan Pangkalan Baru sebanyak 4.528 buah, Kecamatan Simpangkatis sebanyak 3.222 buah dan Kecamatan Sungaiselan sebanyak 1.960 buah dengan total sebanyak 18.499 yang ditertibkan.

"Kita harapkan pada masa tenang hingga pemungutan suara tidak ada lagi APK yang terpasang. Bahkan, kita juga melakukan operasi semut dengan melibatkan pengawas TPS untuk membersihkan bahan kampanye berupa sticker yang terpasang di rumah-rumah warga,”terangnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, Wahyu Tri Buwono mengatakan bahwa setelah surat peringatan tersebut dilayangkan kepada peserta Pemilu 2019, jumlah APK yang masih terpasang menjelang masa tenang ini sudah banyak diturunkan sendiri oleh peserta Pemilu itu sendiri.

“Jumlah APK yang kami tertibkan serentak pada hari ini memang menurun, karena sebagian sudah ditertibkan sendiri oleh peserta Pemilu. Untuk itu kami sangat mengapresiasi kepada peserta Pemilu yang telah menindaklanjuti surat yang kami layangkan tersebut. Karena hal yang kami lakukan ini semata – mata untuk menciptakan Pemilu bersih, demokratis dan bermartabat,”pungkas Wahyu. (BBR)


Penulis  :  Faisal                         
Editor    :  Kasmir
Sumber  : Babel Review