Anak Penjaga Sekolah Asal Bangka Ini Buktikan Masuk TNI AL Tanpa Dipungut Biaya

Ahada
Anak Penjaga Sekolah Asal Bangka Ini Buktikan Masuk TNI AL Tanpa Dipungut Biaya
Koptu Pom Andy Aryanto memberanikan diri untuk mengikuti tes penerimaan TNI AL pada 2002 silam. (Foto: andre/babelreview)

TOBOALI, BABELREVIEW CO.ID -- Bermodalkan tekad yang kuat, mengabdi pada negara serta meningkatkan derajat orangtua membuat Koptu Pom Andy Aryanto memberanikan diri untuk mengikuti tes penerimaan TNI AL pada 2002 silam.

Tekad kuatnya berbuah manis, anak dari seorang penjaga sekolah ini akhirnya diterima menjadi prajurit TNI AL.

Namun perjuangannya tidaklah singkat, sebelum memutuskan untuk mengikuti tes TNI AL ia terlebih dahulu mempersiapkan fisiknya satu tahun sebelumnya.

Demi menjadi abdi negara, ia juga harus meninggalkan keluarganya di bangka guna menempuh pendidikan TNI AL di Surabaya selama sembilan bulan lamanya.

"Alhamdulillah ditengah keterbatasan, keluarga saya mendukung penuh untuk mengikuti tes TNI AL.Selain itu, tekad kuat saya juga semakin membuat saya optimis untuk bisa lolos pada seleksi penerimaan TNI AL, " katanya, Kamis (13/02/2020).

Diakuinya, selama mengikuti tes sampai menempuh pendidikan TNI AL di surabaya, dirinya tak diminta mengeluarkan uang sepeserpun.

 "Kalau masuk TNI AL menggunakan uang, mungkin saat itu saya sudah mengundurkan diri, karena saya pasti tidak mampu membayar, " ungkap lelaki asal Pagarawan, Bangka ini.

Diakuinya, dirinya telah memersiapkan segala sesuatunya satu tahun sebelum mendaftar.

 "Saya memeriksa kesehatan, jogging, pull up, dan tes fisik lainnya.Kurang lebih satu tahun sebelum ikut tes, saya sudah mempersiapkan semuanya,

"Ungkap alumni SMK Bakti Pangkalpinang ini. Koptu Pom Ary Aryanto berpesan kepada siswa siswa SMA sederajat di Babel untuk tak segan mengikuti tes penerimaan TNI AL.  

"Yang terpenting, tekad, usaha, doa orangtua, dan persiapan sebelum mengikuti tes. Semisal belum lolos, selagi masih bisa ikut dan adanya penerimaan prajurit TNI AL teruslah ikut dan jangan menyerah.Saya sudah jadi bukti kalau pemuda Bangka bisa jadi anggota TNI tanpa mengeluarkan biaya. Sekarang giliran kalian," pungkas Ary yang saat ini bertugas di Mabes TNI AL Puspoma ini. (BBR)

Penulis: andre