Babar Menuju Upaya Kesehatan Preventif

Admin
Babar Menuju Upaya Kesehatan Preventif
Foto:Dinkes Bangka Berat

BANGKA BARAT, BABEL REVIEW –  Wakil Bupati Bangka Barat, Markus, menginstruksikan kepada seluruh jajaran kesehatan di wilayahnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat serta bersinergi dengan seluruh stakeholder dalam meningkatkan kualitas lingkungan sehat.

Ia menekankan bahwa peran para petugas di jajaran kesehatan sangat penting untuk bersama-sama mengubah wajah kesehatan Indonesia. “Ini merupakan rencana pembangunan kesehatan menuju ke arah pengembangan upaya kesehatan, dari yang bersifat kuratif bergerak ke arah upaya kesehatan preventif dan promotif, sesuai kebutuhan dan tantangan kesehatan,” ujar Markus.

Salah satu persoalan kesehatan yang menjadi perhatian Dinas Kesehatan Bangka Barat adalah persoalan stunting. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Bangka Barat, Drg. Achmad Syaifudin, pihaknya sudah melakukan beberapa program sebagai upaya penanganan masalah stunting ini. Diantaranya pelayanan kesehatan spesialis anak dan kebidanan kandungan serta pemeriksaan sample air.

Kesinambungan dan kesuksesan program ini semua tidak luput dari dukungan dari Bupati Bangka Barat Parhan Ali. Hal ini dikemukakan oleh Markus dan Achmad Syaifudin dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 yang berlangsung di Lapangan Bola Desa Peradong, Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat, Kamis (29/11).

Acara yang mengusung tema “Aku cinta sehat dan ayo hidup sehat, mulai dari kita” ini dimeriahkan berbagai kegiatan, diantaranya senam yang melibatkan para kades, pegawai puskesmas se Bangka Barat, serta siswa sekolah yang berlokasi di sekitar acara tersebut berlangsung. Tidak kurang dari 700 peserta mengikuti acara senam tersebut.

Selain itu, serangkaian kegiatan lain juga digelar bersamaan seperti pameran produk tanaman obat keluarga (TOGA),  demo masak menu balita, donor darah, pelayanan kesehatan gratis serta pelayanan screening penyakit tidak menular (PTM), dan pemeriksaan gigi dan mulut untuk masyarakat Desa Peradong.

Perwakilan BPJS Kesehatan tak ketinggalan juga membuka stand pendaftaran keanggotaan di lokasi acara tersebut agar masyarakat dapat langsung mendaftar tanpa harus ke Muntok. Dalam acara tersebut Dinkes juga memberikan bingkisan makanan PMT ibu hamil dan balita serta penyerahan mobil ambulance kepada Puskesmas Sekar Biru Parittiga dan Puskesmas Muntok. (BBR)


Penulis : Buditio
Editor   : Sanjay
Sumber :Babelreview