Babel Segera Punya Perda Zakat

kasmirudin
Babel Segera Punya Perda Zakat
Ketua Pansus Raperda Zakat DPRD Bangka Belitung, Ust. Dede Purnama. (Foto: Diko)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Ketua Pansus Raperda Zakat DPRD Bangka Belitung, Ust. Dede Purnama mengatakan, akan terus memperjuangkan terwujudnya Perda tentang Zakat di Provinsi Bangka Belitung. Bahkan, ia menargetkan bulan November ini Raperda tersebut sudah bisa diparipurnakan.

"Kami bersyukur berkesempatan berkunjung kepada daerah yang tepat, yakni Lombok yang merupakan kota tingkat pendapatan dari zakatnya terus bertambah setelah keluarkan Perda Zakat," Katanya kepada Babel Review, Rabu (20/11/2019).

Raperda Zakat ini dijelaskan Dede, merupakan inisiatif yang disampaikan eksekutif kepada DPRD Babel. Berbeda dengan Perda Zakat di Lombok yang diusulkan anggota dari DPRD langsung. Peran pemerintah eksekutif memang begitu besar terhadap realisasi Perda tersebut.

"Nanti memulainya dari gubernur, kemudian kepala dinas yang diikuti hingga tingkat bawah. Meskipun tidak ada konsekuensi hukum, namun secara tersirat tetap ada," katanya.

Selanjutnya, Pansus Raperda Zakat ini akan dibahas ke Kementerian Dalam Negeri untuk didiskusikan, agar tidak ada permasalahan di kemudian hari.

“Hasil diskusi kecil kami disana, Raperda tersebut akan kita terus dan akan kita sahkan. Minggu ini kita akan Kemendagri, jangan nanti kita sudah keluar kan anggaran untuk mengesahkannya ternyata tidak diterima Kemendagri. Walaupun kami akan bersikeras, karena kami berjuang ada payung hokum. Bulan ini kami targetkan selesai, tapi ada pasal yang perlu dikaji dulu agar tak terkesan prematur," pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Diko                      
Editor    : Kasmir
Sumber  :Babel Review