Bangka City Hotel Resmi Peroleh Sertifikat Halal dari LPPOM MUI Babel

kasmirudin
Bangka City Hotel Resmi Peroleh Sertifikat Halal dari LPPOM MUI Babel
Direktur LPPOM MUI Bangka Belitung, Nardi Pratomo saat menyerahkan sertifikat halal kepada manajemen Bangka City Hotel, Kamis (23/5/2019) petang. (Foto: Faisal)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID - Halal merupakan syarat untuk segala sesuatu yang diperbolehkan oleh syariat agama Islam untuk digunakan atau dikonsumsi, terutama dalam hal makanan dan minuman dalam bisnis restoran dan hotel.

Pada Selasa (23/5) petang Bangka City Hotel, akhirnya masuk salah satu dari 3 hotel di Kota Pangkalpinang yang sudah resmi memperoleh sertifikat jaminan mutu halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Provinsi Bangka Belitung. 

Saat proses penyerahan Sertifikat Halal di Bangka City Hotel, Direktur LPPOM MUI Kepulauan Bangka Belitung, Nardi Pratomo mengatakan Restoran Bangka City Hotel sudah secara resmi masuk 1 dari 3 Hotel yang sudah tersertifikasi halal di Kota Pangkalpinang.

"Dengan sudah resminya memperoleh sertifikasi halal, kita butuh media untuk menyampaikan ke publik, bahwa Bangka City Hotel sudah sangat layak dan mantap untuk direkomendasikan ke pemerintah dan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan pengembangan pariwisata halal di Bangka Belitung," ujarnya.

Ia juga menyampaikan kepada seluruh unsur pemerintah dan masyarakat bila ingin mengadakan acara atau event, gunakanlah hotel-hotel yang sudah bersertifikat halal salah satunya Bangka City Hotel. Hal ini diperlukan karena mulai Oktober nanti sertifikat halal ini sudah bersifat wajib dimiliki seluruh hotel-hotel. 



"Mengapa perlu sekali kita menggelar kegiatan di hotel yang sudah berserfikat halal, karena kita sering sekali menemukan beberapa hotel yang masih menggunakan bahan-bahan makanan dan minuman yang tidak halal. Padahal pemerintah sekarang semakin menggerakkan program pariwisata halal serta menggerakan kegiatan-kegiatan yang menunjang ekonomi syariah dan pariwisata syariah," tuturnya.

Nardi menegaskan, kalau sertifikat halal ini adalah wujud dari pengakuan para ulama. Disini sertifikat ini ada jaminan halal dan jaminan mutu serta profesionalitas dalam pengolahan pangan yang dikerjakan melibatkan sisi religious. Inilah yang membedakan sertifikat halal dengan sertifikat lainnya.



"Kami segenap Direksi LPPOM MUI yang mewakili para ulama mengucapkan apresiasi kepada Bangka City Hotel untuk restorannya, yang telah tersertifikasi halal terhitung sejak 25 April 2019 sampai 24 april 2021. Dengan ini harapan kami pihak Bangka City Hotel semakin menguatkan kebijakan halalnya, sekaligus bisa menjadi penunjang untuk menjadikan Bangka Belitung sebagai area "The Real Halal Destination Tourism," imbuh Nardi.

Sementara itu, Operasional Manager Bangka City Hotel, Delon mengungkapkan rasa syukurnya atas keberhasilan restoran Bangka City Hotel yang telah menerima sertifikasi Halal dari PPOM MUI Bangka Belitung.

"Di Pangkalpinang cuma ada 3 hotel yang sudah memiliki sertifikat halal. Untuk kelas yang lebih besar, kami bersyukur masuk salah satu dari 3 tersebut. Kami harapkan dengan adanya label halal ini, bisa menjadi tolok ukur dan acuan masyarakat umum dalam mencari destinasi wisata yang sudah tersertifikasi halal khususnya untuk perhotelan dan restoran," ujarnya.



Delon mengatakan, beberapa tahun lalu pihaknya sudah pernah mengikuti cuma belum lolos. Dari pengalaman tersebut dan alhamdulillah untuk kedua kalinya dengan diikuti secara bertahap, akhirnya Bangka City Hotel dinyatakan lulus.

"Sekarang masyarakat umum ataupun para wisatawan tidak susah lagi ketika mencari destinasi halal di Bangka Belitung khususnya Pangkalpinang, karena Bangka City Hotel sudah resmi mempunyai sertifikasi jaminan mutu halal dan layak menunjang pariwisata halal di Bangka Belitung," tandasnya. (BBR/ADV)


Penulis  : Faisal 
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review