Bangka Optimis Penuhi Syarat KLA

Admin
Bangka Optimis Penuhi Syarat KLA
Foto:Ibnu

SUNGAILIAT BABELREVIEW-- Menjadikan Kabupaten Layak Anak (KLA) merupakan salah satu program dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang dari tahun ke tahun tetap dilaksanakan.

Tujuan dari program ini adalah untuk menjadikan sebuah kabupaten yang ada di Indonesia menjadi kabupaten layak anak ataupun kabupaten menuju layak anak. Kategori KLA sendiri dibagi menjadi 4 kategori antara lain, Pratama, Madya, Nindiya dan Pratama.

Salah satu syarat untuk mendapatkan KLA adalah kabupaten harus sempunyai ruang bermain ramah anak (RBRA) guna untuk memenuhi kebutuhan anak untuk bermain dan belajar.

Kabupaten Bangka sudah menerima kunjungan dari tim penilai RBRA dan perwakilan dari Kementerian PPPA dari hari Senin tanggal 9 September dan berakhir pada tanggal 12 September-Oktober 2019. Dan mereka mengunjungi Taman Wisata Hutan Kota Sungailiat yang dijadikan sebagai lokasi RBRA.

Dijelaskan Bupati Bangka Mulkan SH MH saat setelah melakukan rapat awal dengan Tim Penilai RBRA dan Kementerian PPPA bersama OPD Kabupaten Bangka di Ruang OR, bahwa ini sedang dilakukan penilaian ruang bermain anak menjadi ruang bermain ramah anak.

"Tim penilai berada disini selama 4 hari, dan hari ini mereka melakukan paparan secara audensi terhadap OPD terkait. Jadi nanti apa saja yang akan kita lakukan untuk membenahi ruang bermain anak menjadi ruang bermain ramah anak," jelasnya, Selasa (10/9).

Bupati menyampaikan bahwa anak adalah harta yang sangat berharga sehingga kebutuha anak harus dipenuhi baik secara lahir maupun batin.

"Hari ini kita juga sudah melakukan beberapa pembenahan apa saja yang masih kurang. Seperti tempat cuci tangan dan lain sebagainya, kita berharap dengan waktu yang diberikan oleh tim penilai dapat memenuhi fasilitas-fasilitas yang masih kurang," tutup Mulkan. (BBR)


Penulis  : Ibnu
Editor    : Atik
Sumber : Babel Review