Berharap Aliran Royalti Lebih Besar

Admin
Berharap Aliran Royalti Lebih Besar
ilustrasi foto : (net/IST)

Pangkalpinang , BABELREVIEW -Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman berharap PT Timah Tbk akan terus memberikan sumbangsih terhadap kemajuan Bangka Belitung. “Kami dari Pemerintah Provinsi Babel dan masyarakat Babel, mengucapkan selamat Ultah PT Timah ke 42. Semoga PT Timah tetap berjaya, dan selalu mampu memberi sumbangsih kepada negara terutama Bangka Belitung,” ujar Erzaldi.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, Erzaldi  berharap akan ada teknologi baru yang akan digunakan PT Timah dalam menggali kekayaan Timah di Bangka Belitung. “Saat ini teknologi berkembang begitu pesat, harapan kita juga ke depan PT Timah mampu memanfaatkan ini, dengan mengantisipasi dan memperbarui teknologi dalam pertambangan agar lebih ramah lingkungan. Disatu sisi timah adalah produk andalan.

Tentunya kita sebagai masyarakat Bangka Belitung tidak mau daerah kita tidak terpelihara dan tidak terjaga,” imbuhnya. Apalagi menurut Erzaldi, PT Timah sebagai perusahaan terbesar dalam produksi Timah, perlu memastikan teknologi yang lebih baik dan berharap itu dilaksanakan demi  mendapatkan timah yang optimal dan lingkungan terjaga.

Jangan sampai komoditi timah secara nilai tinggi namun kerusakan alam juga tinggi, sehingga memperbaikinya pun butuh dana yang besar. Sisi lain Gubernur Erzaldi juga mengajak  PT Timah untuk berjuang terus dengan memberikan kontribusi yang lebih kepada Pemerintah Provinsi Babel. Jika selama ini supply ke negara lebih besar, maka Erzaldi juga berharap kontribusi yang lebih besar juga bisa mengalir ke Babel khususnya royalti.

“Terhadap royalti ya kalau bisa kita mintakan ke pemerintah pusat lebih besar lagi untuk Babel, agar Babel lebih cepat membangun dari royalti bagi hasil pemerintah pusat,” tegasnya. Sementara itu pada kesempatan berbeda, Direktur Utama PT Timah Tbk Mochtar Riza Pahlevi Tabrani menjelaskan PT Timah selaku BUMN terus berupaya mendukung dan bersinergi dalam pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Melalui pembayaran pajak, royalti dan dana CSR dan bantuan-bantuan lainnya, kami terus berupaya mendorong pembangunan daerah,” ujar Riza. Dikatakan Riza, semangat membangun tersebut selaras dengan amanat UU 19/2003 tentang Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dimana salah satu tujuan dibentuknya BUMN adalah berperan serta menjadi entitas yang mendukung pembangunan di daerah dimana perusahaan ini berada.

Dalam pasal 2 UU tersebut disebutkan, selain sebagai institusi resmi negara untuk mengejar keuntungan, fungsi BUMN adalah untuk memberikan sumbangan bagi perkembangan perekonomian nasional pada umumnya dan penerimaan negara pada khususnya. “Oleh karena itu, kami sangat berharap selalu terjalin sinergitas harmonis dengan seluruh stakeholder di wilayah ini,” kata Riza, pada acara Pesta Rakyat memperingati HUT PT Timah ke 42, di Lapangan Hijau Belinyu, Minggu (29/7/2018). (BBR)


Penulis  : Diko
Editor   :  Sanjay
Sumber  :Babelreview