Birunya Kolong Eks Kolong Timah Desa CIT

Admin
Birunya Kolong Eks Kolong Timah  Desa CIT
Foto:Pras

BELINYU, BABEL REVIEW -- Birunya air eks kolong atau danau bekas galian timah ini bukan sekedar panorama yang indah dan enak di pandang mata, melainkan juga menyimpan potensi wisata alam yang layak untuk digali bahkan dikembangkan.

Airnya pun jernih dan tampak berkilau di antara pasir- pasir putih yang melingkupinya serta gundukan tanah yang membentang. Pepohonan kecil nan hijau juga menambah kontrasnya kolong biru yang berlokasi di Desa cit, Kecamatan Riau silip, Kabupaten Bangka.

Ada sejumlah kolong biru mulai ukuran kecil hingga besar yang mencolok dengan pemandangan yang tidak akan membosankan bagi yang memandangnya. Lokasi kolong biru ini juga cukup potensial menambah obyek wisata di daerah ini karena pemadangannya yang menakjubkan.

Andre, Sekretaris Karang Taruna Desa Cit kepada Babel Review di lokasi danau biru ini mengatakan, kolong biru sudah dikenal sejak tujuh tahun lalu dan terus dipelajari akan potensi-potensi bekas tambang timahnya.

Ada sebanyak empat titik atau kolong biru di lokasi ini dengan warna birunya. Daya tarik dengan airnya yang berwarna biru diharapkan dapat menjadi aset wisata untuk bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata.  “Kami melihat potensi eks kolong timah dengan airnya yang bersih dan warna birunya ini sangat pantas untuk dikembangkan secara bertahap supaya menjadi potensi wisata desa yang punya daya tarik wisatawan, “ ungkap Andre.

Ia berharap, akses jalan masuk bisa lebih diperbagus agar lebih mudah bagi pengunjung untuk memasuki lokasi ini. Menurut Andre, saat ini tempat tersebut baru didatangi orang-orang sekitar atau dari kampung sebelah dan sejumlah media massa yang memfoto, bahkan memberitakan aset wisata ini.

Ia menyatakan kesenangannya karena di lokasi ini dijadikan tempat KKN UBB yang sekaligus memberikan kontribusinya untuk membangun desa termasuk juga membangun spot-spot foto termasuk sunset, pintu gerbang masuk, ayunan, dan lainnya.  “Juga di sini mulai disediakan bibit jambu mete dan pohon pinus yang nantinya akan ditanam sehingga pepohonan hijau dengan buahnya serta kerindangannya nanti akan membuat tempat ini semakin menarik untuk dikunjungi,” terangnya.

Senada juga dikatakan Azmi, mahasiswa teknik elektro UBB yang sedang KKN di Desa Cit. Menurutnya, tempat ini punya potensi wisata bagus untuk dikembangkan, apalagi danau ini punya kedalaman dan luas sehingga bisa untuk wisata sepeda air, spot-spot foto, tempat pemandian, dan lainnya.

“Kami membangun spot-spot foto dengan latar air biru dan background yang keren serta dermagadermaga untuk spot foto juga cukup cantik. Tempat ini punya potensi wisata untuk diangkat termasuk menanam pepohonan di sisi-sisi pinggir kolongnya agar tidak gersang dan tentunya akan memperindah tempat yang cukup bagus ini dan bisa membuat orang terkesan saat melihatnya,” ujar Azmi. (BBR)