Bukit NIbung Suguhkan Panorama dari Ketinggian

Admin
Bukit NIbung Suguhkan Panorama dari Ketinggian
foto:ist. Narto

BANGKA BARAT, BABEL REVIEW-- Kepulauan Bangka Belitung dianugerahi struktur bebatuan raksasa yang tersebar hampir di seluruh wilayahnya. Jika selama ini bebatuan tersebut banyak dinikmati sebagai obyek wisata yang terletak di pesisir pantai tidak salahnya kali ini kita melongok ke Bukit Nibung di Kecamatan Muntok Bangka Barat.

Bukit Nibung yang ada di wilayah Kelurahan Tanjung ini memang layak dijadikan lokasi wisata alternatif bagi para wisatawan yang menyukai tantangan dan menikmati indahnya panorama alam. Bagaimana tidak, lokasi Bukit Nibung yang masih terjaga dan untuk menikmati keindahan dari puncak Bukit Nibung juga merupakan tantangan tersendiri.

Tetapi semua itu akan terbayar oleh indahnya pemandangan yang dapat kita nikmati. Pemandangan di sekeliling bukit ditumbuhi hutan dan batu granit menjulang tinggi, serta tampak laut biru di sisi sebelah baratnya. Belum lagi jika wisatawan yang mau menunggu saat matahari terbit atau terbenam, sungguh indah suasananya.

Narto, warga Kampung Menjelang Kelurahan Tanjung, yang dulunya adalah petugas Pengamanan Hutan, saat ini sering menjadi pemandu bagi para wisatawan yang ingin menikmati panorama indah Bukit Nibung. Saat di temui BBR di kediamannya, Narto menuturkan bahwa sudah banyak wisatawan yang telah dia antarkan.

Diantaranya rombongan dokter dari RSUD Sejiran Setason, Komunitas Airsoft dan juga wisatawan dari luar Muntok. “Banyak wisatawan yang menikmati indahnya panorama Bukit Nibung dan berswafoto/ selfi di atasnya. Apalagi adanya pepohonon besar dimana mereka dapat menggantungkan hammock (tempat tidur gantung) untuk bersantai .

Diatas juga ada hamparan batu untuk menggelar matras atau tikar untuk bersantai,”ujarnyaMenurut Narto,  sebetulnya Bukit Nibung  bukanlah bukit melainkan bebatuan granit yang tingginya mencapai 115 (meter) dari permukaan laut. “Dari sini banyak sekali yang bisa dinikmati, pemandangan alam hutan dan perkebunan, laut yang membentang luas, ada juga batu-batu yang berbentuk seperti kura-kura dan sebagainya,” katanya. Untuk mencapai Bukit Nibung saat ini memang diperlukan penunjuk jalan.

Walaupun lokasinya yang hanya berjarak 2 km dari pingir jalan utama menuju Desa Air Putih, tetapi belum ada petunjuk jalan untuk menuju kesana. Jadi bagi wisatawan dari luar Kota Muntok tentu agak kesulitan untuk mencapainya. “Lokasi yang indah ini sudah selayaknya mendapatkan perhatian dari pemerintah agar wisatawan dapat mudah menikmatinya.

Misalnya pemberian rambu petunjuk jalan dan sedikit penataan di lokasi agar lebih nyaman,”harap Narto. Namun demikian, Bukit Nibung sungguh sangat layak untuk dikunjungi. Dapatkan pengalaman menikmati pemandangan alam dari ketinggian bukit ini. “Ayo jika berkunjung ke Muntok sempatkan mampir ke Bukit Nibung,” ajak Narto. (BBR)


Penulis  : Budi Susatio
Editor    : Sanjay
Sumber  :Babel Review
Jangan Malu Jadi Petani

Jangan Malu Jadi Petani

News
Walikota Legowo

Walikota Legowo

News