Bupati Bangka Raih Penghargaan Penyelenggara Pelayanan Publik Terbaik dari MenPAN

kasmirudin
Bupati Bangka Raih Penghargaan Penyelenggara Pelayanan Publik Terbaik dari MenPAN
Bupati Bangka, Mulkan saat menerima penghargaan penyelenggaraan pelayanan publik dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Cahyo Kumolo kepada Bupati Bangka, Mulkan S.H di Hotel Aston Batam, Kamis (7/11/2019). (Foto: Istimewa)

BATAM, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten Bangka kembali mendapatkan pengakuan dan penghargaan bergengsi dari pemerintah pusat. Kali ini penghargaan diberikan oleh Menpan-RB sebagai pemerintah daerah dengan penyelenggara pelayanan publik terbaik di Indonesia.

Penghargaan penyelenggaraan pelayanan publik ini diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Cahyo Kumolo kepada Bupati Bangka, Mulkan S.H di Hotel Aston Batam, Kamis (7/11/2019).

Dalam acara ini bupati didampingi oleh kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, direktur Rumah Sakit Umum Daerah Depati Bahrin, kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP, kepala Dinas Bappeda dan Kabag Organisasi.

Bupati Bangka Mulkan menyatakan, bahwa evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik dilaksanakan secara rutin setiap tahun oleh Menpan-RB, terhadap kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di seluruh Indonesia.

"Dalam RPJMD 2019-2023, kami berkomitmen untuk menjadikan pelayanan publik sebagai jiwa penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Bangka, sebagaimana tertuang dalam misi 'Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berbasis teknologi informasi'," ungkapnya.

Dalam menjalankan misi ini, pihaknya mengharuskan semua OPD penyelenggara pelayanan publik, seperti Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Bahrain, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidik serta dinas lainnya, untuk lebih mengutamakan kepuasan pengguna layanan, yang penyelenggaraannya harus sejalan beriringan dengan ekspektasi publik yang terus meningkat.

"Dengan komitmen inilah pada tahun 2019, kami menerima penghargaan penyelenggara pelayanan publik terbaik dari Menteri PAN dan RB. Penghargaan ini diberikan atas prestasi kinerja pelayanan publik yang diberikan kepada RSUD Depati Bahrin dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dengan kategori A atau sangat baik," jelas bupati.

Prestasi ini diraih berkat kerja sama yang sangat baik antar seluruh stakeholder pembangunan terutama dengan masyarakat, dunia usaha, perguruan tinggi dan media massa.

"Saya atas nama Pemkab Bangka mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang luar biasa ini. Kedepan, kerja sama antar lima pilar pembangunan ini akan terus kami tingkatkan guna terus mendorong perbaikan pelayanan publik yang kami berikan," tuturnya.

Rahmat Gunawan, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menyebutkan bahwa akan terus melakukan berbagai upaya perbaikan pelayanan kependudukan. Seluruh komponen utama pelayanan akan diperbaiki kualitas pelayanannya, dampaknya sangat positif bagi perbaikan pelayanan.

"Jika tahun 2007 kami masih mendapatkan penilaian dengan kategori B atau baik, maka pada tahun 2018 ini kami sudah mendapatkan nilai A atau sangat baik, dengan indeks yang tertinggi di Bangka Belitung. Tahun 2019 ini pelayanan publik kami semakin membaik dan berhasil meraih predikat pelayanan prima dengan kategori A," kata Rahmat Gunawan.

Direktur RSUD Depati Bahrin Sungailiat, dr. Jasminar mengatakan bahwa akan terus membangun tata kelola pelayanan yang baik dengan penguatan perbaikan kinerja pelayanan publik. Filosofi pelayanan "Biar lambat agar selamat" ditinggalkan dengan mengganti "Harus cepat agar selamat".

"Kami menerapkan standar pelayanan yang fokus pada pasien, standar manajemen rumah sakit yang mumpuni keselamatan pasien kita dahulukan dan sasaran pembangunan berkelanjutan diutamakan," jelasnya.

RSUD Depati Bahrin sudah good patient care, good clinical governance dan good hospital governance, yang sudah memenuhi 15 standar akreditasi yang mengacu standar akreditasi internasional.

Kepala Dinas Penanaman Modal, pelayanan terpadu satu pintu dan UMKM, Asmawi Ali mengatakan akan terus-menerus memperbaiki pelayanan publik. Semua aspek pelayanan akan diperbaiki, seperti pelayanan perizinan harus cepat dan investasi harus diutamakan.

Sementara itu, Pan Budi Marwoto Kepala Dinas Bappeda menjelaskan jika saat ini ekspetasi masyarakat terhadap pelayanan publik yang berkualitas terus meningkat. Pihaknya harus merespon ekspektasi masyarakat ini, dengan cepat seperti mengevaluasi dan memperbaiki seluruh indikator pelayanan publik dan menerapkannya dengan ketat disebut kopi di penyelenggara pelayanan publik di Pemkab Bangka.

"Perbaikan yang kami lakukan fokus pada standar pelayanan, maklumat pelayanan, survei kepuasan masyarakat, kompetensi, responsivitas, kredibilitas/integritas, kelayakan ruang parkir, taman dan penghijauan, kelayakan fasilitas bagi pengguna layanan berkebutuhan khusus dan sarana penunjang lainnya seperti sarana front office, sistem informasi pelayanan publik, media konsultasi, media pengaduan dan inovasi pelayanan," tutupnya. (BBR)


Penulis  : Ibnu
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review