Dampak LCC, Penerbangan di Bandara Depati Amir Meningkat 100 Persen

kasmirudin
Dampak LCC, Penerbangan di Bandara Depati Amir Meningkat 100 Persen
Bandara Depati Amir Bangka. (Foto: Fierly)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Penerbangan di Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang sejak beberapa hari ini mulai dipadati penumpang.

Hal ini dikarenakan telah diberlakukannya penerbangan berbiaya murah atau low cost cartier (LCC), sesuai dengan kebijakan pemerintah yang mewajibkan maskapai untuk menerapkan tarif 50 persen lebih murah dari tarif batas atas (TBA) yang telah ditentukan.

LCC diberlakukan pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu dengan jadwal penerbangan pukul 10.00 hingga pukul 14.00 WIB dengan kuota 30 persen dari jumlah keseluruhan penumpang.

General Manager Angkasa Pura II Bandara Depati Amir, Chuanda mengklaim telah terjadi lonjakan penumpang sejak beberapa hari lalu. Lonjakan terjadi akibat imbas dari kebijakan pemerintah yang turut mengatur harga tiket.

Lonjakan yang terjadi di Bandara Depati Amir diperkirakan mencapai 100 persen.

"Di Bandara Depati Amir sejak ada kebijakan harga tiket yang kita pantau, memang ada kenaikan penumpang drastiris dari hari biasa hanya 3.000 penumpang sekarang setiap harinya minimal 5200 hingga 5300 per harinya. Kenaikkannya sangat signifikan," ujar Chuanda.

 Meski lonjakan penumpang cukup signifikan, namun jumlah penerbangan saat ini tetap sama belum ada penambahan dari pihak maskapai.

Diskon 50 persen dari tarif batas atas akan diberlakukan maskapai bertarif rendah (LCC), seperti Lion Air dan Citilink. (BBR)


Penulis  : Irwan
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review