Desa Pangkal Beras Pertahankan Pesta Adat Mulang Taon

kasmirudin
Desa Pangkal Beras Pertahankan Pesta Adat Mulang Taon
Perayaan Mulang Taon yang selalu dilakukan masyarakat Pangkal Beras, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat setiap tahun menjelang bulan Ramadhan. (Foto: Ist)

KELAPA, BABELREVIEW.CO.ID -- Tradisi Mulang Taon merupakan salah satu pesta adat Desa Pangkal Beras, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, yang dilaksanakan bersamaan ruahan yang menjadi agenda rutin setiap tahun.

Mulang Taon selalu menyita perhatian dan banyak dikunjungi banyak orang. Biasanya perayaan tersebut dilaksanakan pada bulan Sya’ban sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Perayaan tersebut sebagai bentuk silahturahmi antar masyarakat dengan berkunjung ke setiap rumah warga lainnya, yang juga disajikan berbagai kegiatan yang ikut meramaikan pesta adat Mulang Taon.

“Biasanya perayaan tersebut dilaksanakan bertepatan usai panen padi, biasanya saat perayaan Mulang Taon masyarakat membuat dodol dari tepung beras,” kata Kades Pangkal Beras, Rudi, Kamis (1/8/2019).

Ia mengatakan, saat perayaan Mulang Taon banyak kegiatan yang dilaksanakan seperti penampilan pencak silat, tari campak, ritual adat, pengajian, nganggung dan khataman Qu`ran.

“Saya harap perayaan ini dilaksanakan secara berkesinambungan, tentunya menarik masyarakat luar dan wisatawan luar daerah untuk berkunjung ke Desa Pangkal Beras,” harapnya. (BBR)


Penulis  : Gusti
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review