Desa Puput Gelar Perlombaan Olahraga Tradisional Gasing dan Kerito Surong

kasmirudin
Desa Puput Gelar Perlombaan Olahraga Tradisional Gasing dan Kerito Surong
Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh saat menghadiri lomba permainan tradisional di Desa Puput, Kecamatan Simpang Katis, Bangka Tengah, Sabtu (20/7/2019). (Foto: Ist)

SIMPANG KATIS, BABELREVIEW.CO.ID -- Guna melestarikan permainan tradisional, Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh mendorong masyarakat Desa Puput, Kecamatan Simpang Katis dalam mengembangkan lomba permainan gasing dan kerito surong.

Hat tersebut disampaikannya, saat menghadiri perlombaan permainan tradisional yang dilaksanakan di Desa Puput pada Sabtu (20/7/2019).

"Perlombaan tradisional khas bagi masyarakat ini perlu dilestarikan dan dikembangkan. Untuk itu perlu adanya dukungan dari semua pihak, termasuk penataan halaman agar pangkak gasing dan permainan kerito surong tradisional dapat terus dilestarikan dan ini juga menjadi budaya kita orang Bangka,"ujarnya

Dirinya mengatakan, mudah-mudahan tahun depan akan meningkatkan lagi perlombaan gasing, sehingga semakin meriah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangka Tengah.

"Saya ucapkan terima kasih kepada para panitia yang luar biasa telah mengatur semuanya, sehingga semua perlombaan ini dapat berjalan dengan aman dan lancar. Semua tidak luput dari kerja keras panitia. Harapan saya masyarakat Bangka Tengah dapat mencintai adat budaya, terutama permainan tradisional. Salah satunya lomba gasing dan kerito surong. Karena ini merupakan permainan atok-atok (Kakek-red) kita dulu, untuk memupuk kebersamaan antar sesama,” pungkas Ibnu. (BBR)


Penulis  : Faisal
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review