Dinsos Bateng Salurkan Santunan Rp 1,2 Juta untuk Lansia

Admin
Dinsos Bateng Salurkan Santunan Rp 1,2 Juta untuk Lansia
Foto:Faisal

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID - Para warga lanjut usia (lansia) 60 tahun ke atas mendapatkan bantuan Rp 1,2 juta dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bangka Tengah.

Kepada Babelreview, Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Perlindungan dan Jaminan Sosial Suhimin mengatakan, pihaknya bersinergi melalui program komisi daerah lanjut usia (Komda Lansia) dengan memberikan santunan yang diperuntukkan bagi kaum lansia yang tergolong dalam kategori kurang mampu.

"Bantuan santunan melalui Komda lansia tersebut diprioritaskan kepada lansia di atas 60 tahun serta memprioritaskan kepada lansia dengan kondisi ekonomi yang kurang mampu terlebih dahulu," tukasnya.Selain itu, dirinya juga akan berkoordinasi dengan pihak desa terkait siapa saja lansia yang dianggap layak mendapatkan bantuan.

"Terkait pendataan siapa-siapa saja yang layak menerima bantuan, kami bekerja sama dengan pihak desa. Nantinya pihak desa akan membuat proposal yang ditujukan kepada Dinsos melalui kecamatan terkait siapa saja lansia yang layak mendapatkan bantuan," tuturnya.

Menurut Suhimin, yang punya kapasitas untuk mengajukan adalah pihak desa karena pihak desa yang yang lebih tahu kondisi warganya yang layak mendapatkan bantuan.

Program ini adalah salah satu dari usaha pemkab dalam upaya peningkatan pelayanan kepada lansia, baik itu yang potensial yakni lansia yang masih produktif atau sehat maupun lansia non potensial yakni lansia yang sudah tidak produktif atau sakit di Bangka Tengah. (BBR)


Penulis  : Faisal
Editor    : Atik
Sumber : Babel Review