DPRD Babel Beri Setanjak Elang Bertarung kepada Gubernur Anies Baswedan

kasmirudin
DPRD Babel Beri Setanjak Elang Bertarung kepada Gubernur Anies Baswedan
Anggota DPRD Bangka Belitung H. Azwari Helmi saat menghadiri silaturahmi akbar dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto:Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Belitung beberapa Waktu yang lalu berkunjung ke Jakarta, dalam rangka memenuhi undangan Silaturahmi Akbar bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Jakarta Sabtu (24/8/2019).

Silaturahmi tersebut juga diiisi dengan pagelaran kuliner dan budaya nusantara,  sekaligus memeriahkan HUT ke 74 RI tahun 2019 yang dihadiri oleh perwakilan DPRD seluruh Indonesia.

Tak hanya memenuhi pertemuan saja, pada kesempatan tersebut Ketua Fraksi PPP DPRD Babel, Ir. H. Azwari Helmi memperkenalkan salah satu identitas budaya Bangka Belitung yakni sebuah Setanjak Elang Bertarung.

Itu yang Kemudian diserahkan langsung kepada  Gubernur Anies Baswedan, sebagai salah satu cindera mata.

“Setanjak Elang Bertarung itu merupakan bukan sekedar identitas budaya, akan tetapi ini merupakan simbol perjuangan dan kepahlawanan. Karena Setanjak Elang Bertarung ini dikenakan oleh Pahlawan Nasional Bangka Belitung, Depati Amir, saat ia bertarung mengusir penjajah dari Negeri Serumpun Sebalai,” jelas Azwari Helmi kepada Anies Baswedan.

Helmi juga mengungkapkan ada beberapa indentitas budaya Bangka Belitung yang ingin ia tunjukkan kepada Gubernur Anies. Namun, karena bersifat mendadak hal tersebut tak bisa disiapkan.

“Sebetulnya ada beberapa identitas kultur yang menjadi ciri khas kita, seperti kopiah resam atau batik. Cuma kita tidak sempat mempersiapkannya, karena undangan ini mendadak. Mungkin ke depan itu bisa lebih baik persiapannya. Karena sekaligus kita memperkenalkan khasanah budaya masyarakat Babel,” ujar Helmi.

Ikut juga beserta rombongan DPRD Babel yang menghadiri Forum Pembauran Kebangsaan tersebut di antaranya Wakil Ketua DPRD Tony Purnama, Eko P dan Dedi Wijaya. (BBR)


Penulis  : Diko
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review