DPRD Sesalkan Pemkot Pangkalpinang Dapat Predikat “Tidak Informatif”

kasmirudin
DPRD Sesalkan Pemkot Pangkalpinang Dapat Predikat “Tidak Informatif”
Wakil Ketua Komisi 3 DPRD Kota Pangkalpinang, Arnadi. (Foto: Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Wakil Ketua Komisi 3 DPRD Kota Pangkalpinang, Arnadi menyayangkan Pangkalpinang sebagai ibu kota Provinsi Bangka Belitung,  berada pada peringkat 6 penilaian Komisi Informasi Daerah (KID) Bangka Belitung menyandang predikat "Tidak Informatif" dalam menyebarkan informasi publik.

"Artinya, ada hak-hak publik terkait keterbukaan informasi yang tidak tersampaikan kepada publik, ada ruang penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan dan akuntabel," kata Arnadi, Jumat, (11/10/2019).

Arnadi menjelaskan, menurut Undang-Undang No. 24 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, jelas mengatur apa saja yang menjadi kewajiban pemerintah daerah yang harus disampaikan publik.

"Mestinya pemerintah harus berpedoman dengan UU tersebut dan Perda dalam hal penyampaian informasi kepada publik. Ada sanksinya ketika hak publik terhadap informasi jika tidak disampaikan," bebernya.

Ia mengatakan, Pemkot Pangkalpinang harus menginformasikan kepada publik, baik perda, kebijakan, program pemerintah dan sebagian jika publik meminta.

"Tidak ada kata tidak, harus disampaikan. Penilaian menjadi daerah yang informatif dan tidak informatif, maka secara periodik harus dilanjutkan, apa yg kurang harus di evaluasi. Sehingga di tahun berikutnya posisi Kota Pangkalpinang lebih baik lagi dari sekarang," harapnya. (BBR)


Penulis  : Gusti
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review