Enam Destinasi Wisata Menarik dan Paling Recomended di Bangka Tengah untuk Mengisi Liburan Tahun Baru

kasmirudin
Enam Destinasi Wisata Menarik dan Paling Recomended di Bangka Tengah untuk Mengisi Liburan Tahun Baru
Pantai Gusung Asam, Bangka Tengah. (Foto: Istimewa)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Kabupaten Bangka Tengah punya sejumlah daya tarik yang tidak kalah dengan destinasi liburan favorit lainnya dari Kota Pangkalpinang dan kabupaten lainnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kabupaten yang terkenal dengan julukan Negeri Selawang Segantang ini, belakangan banyak dipilih para pelancong sebagai tujuan wisata di setiap akhir pekan atau musim libur panjang.

Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan lokal maupun luar daerah ke Bangka Tengah dalam beberapa tahun belakangan, tidak luput dari peran serta pemerintah dalam mengembangkan sektor pariwisata salah satunya dengan memanfaatkan kelompok masyarakat dalam mengelola setiap destinasi wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Bangka Tengah, Zainal mengatakan, beberapa destinasi wisata bisa menjadi rekomondasi buat para pengunjung untuk menghabiskan waktu di momen liburan tahun baru.

"Bagi para wisatawan yang masih belum mempunyai tujuan untuk menikmati liburan tahun baru, mungkin Bangka Tengah bisa menjadi altenatif untuk para wisatawan berkunjung," pungkasnya.

Bagi Anda yang berencana untuk mengisi waktu libur panjang tahun baru baik sendiri, dengan teman-teman maupun bersama keluarga, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata menarik di Bangka Tengah yang patut dikunjungi.

1. RTH Pantai Terentang

Menjelang liburan tahun baru ini diprediksi akan terjadi fenomena alam langka yakni Gerhana Matahari Cincin di beberapa tempat di Indonesia salah satunya yang mempunyai lokasi titik strategis untuk menyaksikan yaitu di Pantai Terentang Bangka Tengah.

Bukan hanya itu, kelompok masyakarat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (pokdarwis) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah akan melaksanakan Festival Gerhana pada tanggal 26 hingga 29 Desember 2019 di RTH Pantai Terentang.

Dalam event tersebut rencananya akan dilaksanakan berbagai kegiatan guna memeriahkan liburan panjang akhir tahun seperti pembagiaan doorprize dan kacamata gerhana, aksi penanaman pohon, pameran foto gerhana, festival kuliner, senam bedincak, bazar UMKM, pokdarwis expo, pemutaran film dokumenter gerhana matahari, foto contest, pelayanan publik, Donor darah serta jalan santai bersama bupati Bangka Tengah.

2. Pantai Kembang Kemilau

Tidak begitu jauh dari Pantai terentang, Pantai Kebang kemilau Desa Arung Dalam bisa menjadi opsi kedua destinasi yang menarik dalam menghabiskan waktu liburan tahun baru. Letaknya tidak terlalu jauh dari Kota Koba, membuat pantai ini berada di koridor utama jalur wisata Bangka Tengah.

Dengan kawasan pantai yang teduh, para pengunjung juga bisa menikmati kuliner masakan khas Pulau Bangka yang disajikan oleh banyaknya rumah makan di pinggiran pantai.

3. Pulau Ketawai dan Gusung Asam (Pulau Pasir)

Pulau Ketawai yang terletak di Desa Kurau juga merupakan destinasi menarik yang patut untuk dikunjungi saat liburan tahun baru.

Lokasi wisata yang dapat ditempuh sekitar 30 menit dari dermaga wisata Desa Kurau Timur dengan perahu wisata ini, akan menjadikan liburan anda semakin berkesan.

Di Pulau Ketawai pengunjung dapat menikmati keindahan biota laut dengan mengambilkan paket snorkling, menikmati sensasi banana boat serta serta camping bersama teman-teman.

Tak hanya itu, di belakang Pulau Ketawai wisatawan juga bisa menikmati Pulau Pasir atau biasa disebut Gusung Asam yang hanya memakan waktu tempuh 10 menit saja. Keindahan kedua pulau ini cocok untuk para instragamable yang ingin mengabadikan liburan terbaik di akhir tahun.

4. Hutan Mangrove dan Kampung Pelangi Desa Kurau.

Selain Pulau Ketawai, Desa Kurau, Kecamatan Koba memiliki beberapa spot menarik yang patut dikunjungi untuk mengisi waktu liburan diantaranya wisata Hutan Mangrove dan Kampung Pelangi.

Hutan mangrove Desa Kurau mampu memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung. Air jernih kecoklatan ditambah dengan rimbunnya pohon mangrove hingga liukan aliran sungai membawa wisatawan seakan terhipnotis.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa melihat beragam habitat seperti burung, kepiting serta gerombolan monyet bisa bercengkrama sembari memberinya buah-buahan.

Kemudian, masih di lokasi desa yang sama terdapat destinasi yang tak kalah menarik yaitu Kampung Pelangi. Destinasi wisata yang tak jauh dari dermaga menuju pulau ketawai tersebut memiliki pemandangan menarik sebagai objek foto, mulai dari rumah penduduk, taman, jembatan, dermaga hingga gazebo dicat dengan beragam warna.

5. Danau Kaolin atau Danau Biru

Danau Kaolin atau biasa disebut masyarakat Danau Biru. Berlokasi di ujung perbatasan Bangka Tengah dan Bangka Selatan, destinasi unik ini dapat ditempuh hanya 15 menit dari Kota Koba.

Danau Kaolin memiliki keunikan tersendiri karena mampu menampilkan view yang membuat banyak wisatawan penasaran untuk berkunjung. Warna airnya yang biru dan hijau membuat spot wisata ini menjadi andalan para wisatawan untuk datang ke Bangka Tengah. Tidak heran jika Danau Kaolin dinobatkan sebagai Juara Tiga Destinasi paling unik se Indonesia dalam ajang API Award 2019.

6. Hutan Pelawan Namang

Destinasi yang terakhir ini adalah kawasan hutan yang menawarkan wisata malam dan madu lebah hutan. Saat memasuki hutan, para pengunjung disajikan ribuan pohon pelawan berwarna merah yang menjadi tempat bersarangnya lebah hutan.

Keberadaan lebah yang bisa menghasilkan madu pahit tersebut dapat dinikmati langsung oleh para pengunjung, tak hanya itu hutan pelawan juga tempat penghasil jamur pelawan ditambah dengan tersedianya area camping yang cocok untuk para wisatawan bermalam bersama keluarga atau dengan para sahabat. (BBR)


Penulis : Faisal

Editor   : Kasmir

Sumber : Babel Review