Gelar Patroli Rutin, Satpol PP Temukan Mesin TI di Tahura Menumbing

kasmirudin
Gelar Patroli Rutin, Satpol PP Temukan Mesin TI di Tahura Menumbing
Anggota Satpol PP Kabupaten Bangka Barat melakukan patrol rutin untuk menjaga kelestarian hutan Gunung Menumbing yang selalu dijamah penambang bijih timah, Kamis (3/10/2019)

MUNTOK, BABELREVIEW.CO.ID -- Rusaknya Taman Hutan Rakyat (Tahura) kawasan konservasi Gunung Menumbing di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, telah menjadi keprihatinan kita semua, mengingat nilai sejarah yang ada di kawasan tersebut. Aparat penegak hukum pun tak henti-hentinya melakukan upaya, agar aktifitas ilegal tidak kembali terjadi.

Kasat Pol PP Kabupaten Bangka Barat, Sidarta Gautama, melalui sambungan telp kepada BBR mengatakan bahwa hari ini pihaknya kembali menemukan mesin tambang inkonvesional di kawasan Tahura Menumbing saat melakukan giat patroli rutin.

“Hari ini kami melakukan dua kali patroli, pagi tadi setelah apel patroli gabungan TNI, Polri dan Satpol PP, kemudian siangnya kami kembali melaksanakan patroli rutin dan kami berhasil menemukan mesin TI yang ditinggalkan pemiliknya,” kata Sidarta, Kamis (3/10/2019).

Sidarta menjelaskan, bahwa Satpol PP memiliki kegiatan operasi rutin untuk mengawasi dan menjaga kawasan Tahura Menumbing. Dengan kekuatan 12 personel, Tim ini sewaktu-waktu melakukan patroli di Tahura Menumbing dengan jadwal yang tidak ditentukan.

“Sekitar 12 orang yang melakukan giat rutin, dan sudah saya buat jadwal rutin tetapi untuk waktu mohon maaf tidak bisa kami sampaikan,” jelasnya.

Terkait dengan kendala yang ada di lapangan Sidarta mennyebutkan, bahwa yang diperlukan adalah menjaga semangat.

“Kalau sarana dan prasarana saya kira yang ada sudah cukup, yang penting semangat dan komitmen kita untuk tetap menjaga kelestarian Gunung Menumbing,” ujarnya.

Sidarta menambahkan, bahwa saat ini Tim Gabungan sedang merancang kegiatan penghijauan kembali di kaki Tahura Menumbing yang rusak karena aktivitas tambang, dan nanti semua stakeholder akan di libatkan sebagai bentuk tanggung jawab bersama. (BBR)


Penulis  : Buditio
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review