Genbi Komsat UBB Bersihkan Sampah di  Selokan Jalan Desa Balunijuk, Tujuannya Ajak Warga Peduli Lingkungan  

Admin
Genbi Komsat UBB Bersihkan Sampah di  Selokan Jalan Desa Balunijuk, Tujuannya Ajak Warga Peduli Lingkungan   
Foto: IST

 MERAWANG, BBR.CO.ID --  Anggota Genbi Babel gabungan IAIN SAS dan UBB ingin memberikan bukti  nyata dan konkret kepada khalayak ramai akan pentinganya menjaga lingkungan hidup. Caranya Genbi menggelar pembersihan sampah di selokan-selokan di sekitar Desa Balunijuk Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka, Jumat (8/11/2019).

Kegiatan ini rutin dilakukan anggota Genbi Komisariat Universitas Bangka Belitung (UBB) Divisi Lingkungan Hidup 2019. Kegiatan ini diberinama Genbi Babel Sumbangsih, kepanjangan dari Solusi Unggul Menuju Bangka Bersih.

"Kita mengajak seluruh masyarakat harus membuang sampah pada tempatnya. Karena kita lihat fakta di lapangan selama ini sampah banyak  dibuang dan ditumpuk di selokan dan aliran yang akan memberikan dampak negative dan benih penyakit," ujar Ramadhan Tritama, Kadiv Lingkungan Hidup UBB.

Proses kegiatan ini sudah dipersiapkan sehak H-3 acara dengan segala persiapannnya mulai dari izin ke pihak Pemerintah Desa Balunijuk hingga koordinasi antar anggota Divisi Lingkungan Hidup Komsat UBB khususnya dan Genbi Babel umumnya.

Menurut Ramadhan Tritama, kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata Komunitas Genbi Babel terhadap lingkungan dan realitanya.Karena ini merupakan program kerja perdana, maka diharapkan dapat memompa dan membangkitkan semangat para anggota Genbi Babel untuk terus terlibat aktif di masyarakat, khususnya dalam rangka ikut mengurangi keberadaan sampah yang dibuang sembarangan.

"Ke depannya dengan sudah diadakannya kegiatan ini, maka harapannya dengan adanya masyarakat yang melihat dan mengamati kegiatan ini, dapat meningkatkan kesadaraan dan kepekaan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan infrastruktur yang ada dan memberikan konstribusi yang nyata terhadap lingkungan dan dinamikanya.

Hal serupa juga diakui Ketua Genbi Babel Komisariat UBB Agus Adika Arifin.

"Ini merupakan salah satu agenda kegiatan yang langsung terjun ke lapangan. Walaupun dari jumlah anggota yang turut andil sedikit, tetapi hasil yang diperoleh cukup memuaskan, karena dengan adanya kegiatan ini maka akan mengedukasi dan memberikan kebermanfaatan buat masyarakat yang ada di sekitarnya. Semoga untuk program kerja selanjutnya dapat terus dimaksimalkan dan dalam area yang lebih kompleks dan luas," ujar Agus.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Rosalinda Pratiwi Tarigan, menjelaakan bahwa agenda ini menjadi bukti nyata Genbi pekanya terhadap masyarakat apalagi yang berhubungan dengan lingkungan (Environment), yang selalu memberikan dampak positif terhadap kehidupan.

"Melalui agenda ini, semoga ke depannya masyarakat akan lebih peduli lagi terhadap sikap untuk membuang sampah pada tempatnya karena ini akan berkaitan dengan proses kehidupan yang akan dijalani," ujar Rosalina.

Kegiatan Genbi ini mendapat apreasiasi dari Perangkat Desa Balunijuk. Menurut mereka, kegiatan dan agenda seperti ini sangat  didukung Pemerintahan Desa Balunijuk. Pasalnya kegiatan ini mampu memberikan dampak positif untuk perbaikan lingkungan. (SM: Melendi)