Gubernur Sebut Indeks Kerawanan Pemilu di Babel Rendah

kasmirudin
Gubernur Sebut Indeks Kerawanan Pemilu di Babel Rendah
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman saat memberikan sambutan dalam apel tiga pilar yang digelar di Masjid At-Taqwa Polda Kepulauan Babel, Rabu (20/6/2018).(foto:Diko)

PANGKALPINANG,BABELREVIEW -- Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan mengungkapkan, berdasarkan data yang disampaikan Bawaslu bahwa indeks kerawanan Pemilu di Babel rendah. Yang berarti tingkat ancaman yang dapat membuat keamanan pelaksanaan pemilu rendah.

"Terlepas dari indeks keperawanan yang rendah, kita tetap perlu waspada terhadap ancaman- ancaman yang mungkin terjadi pada pilkada serentak 2018," ujar gubernur saat apel tiga pilar, yang digelar di Masjid At-Taqwa Polda Kepulauan Babel.Rabu (20/6/2018).

Untuk mencegah ancaman-ancaman tersebut menurut Erzaldi, perlu mendeteksi sejak dini potensi-potensi tersebut.

"Deteksi dini atas potensi ancaman tersebut sangat penting, untuk itu peran intelijen sangat penting untuk mendeteksi dini dan membuat pemetaan pihak-pihak yang mempunyai niat, kemampuan dan kesempatan untuk melakukan ancaman. Dengan adanya peta ancaman itu pencegahan akan lebih mudah dilakukan," terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Babel Brigjen Pol Syaiful Zachri mengatakan bahwa acara apel tiga pilar tersebut, untuk mensukseskan berlangsungnya event-event besar yang akan segera dilaksanakan.

"Kita kumpulkan mereka untuk membahas beberapa hal penting yang perlu menjadi atensi, yakni mewaspadai pelaksaanaan pilkada, mensukseskan event international MXGP yang diperkirakan akan mendatangkan kurang lebih 3.000 warga asing, termasuk Asian Games yang juga perlu kita dukung. Agar wilayah Babel aman dan tak kalah penting kelangsungan Pilpres tahun depan," paparnya.

Untuk itu perlu kewaspadaan semua pihak, apalagi dengan berkembangnya paham radikal ditengah-tengah masyarakat.

"Perlu kewaspadaan dari wilayah untuk mengawasi agar segara dapat diantisipasi dan dilaporkan, sehingga dapat segera ditindaklanjuti," tegasnya.

Apel tiga pilar itu yang diikuti langsung oleh Bhanbinkamtibmas, kades/lurah, Babinsa se Provinsi Bangka Belitung. Apel tersebut diikuti sebanyak 450 personel, yang terdiri dari 277 anggota Bhabinkamtibmas, Babinsa 41 Personil, dan kades/lurah 132 orang.

Kegiatan apel tiga pilar ini digelar dalam rangka menciptakan Pilkada serentak tahun 2018 yang aman dan kondusif serta mencegah kelompok radikal dan anti Pancasila di wilayah hukum Provinsi Babel. (BBR)


Penulis : Diko
Editor   :Kasmir
Sumber :Babelreview