Hutan Menumbing Dirusak Penambang Timah, Wakil Rakyat Minta Polisi Serius Usut Pelaku dan Taibong TI

Admin
Hutan Menumbing Dirusak Penambang Timah, Wakil Rakyat Minta Polisi Serius Usut Pelaku dan Taibong TI
Foto:Buditio

BANGKABARAT, BABELREVIEW.CO.ID --Rusaknya kawasan Taman Hutan Raya ( Tahura ) Gunung Menumbing mengundang keprihatinan dari berbagai pihak, salah satunya anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapil Bangka Barat, Bong Ming Ming.

Dalam beberapa bulan belakangan ini Tahura Gunung Menumbing yang memiliki sejarah sebagai tempat para pendiri bangsa ini rusak dijarah oleh penambang liar.

Bong Ming Ming yang dihubungi oleh BBR melalui sambungan telephone mengatakan, hal ini telah dibahas DPRD Provinsi Babel, Selasa 10/09. Hasil bahasan bahwa DPRD Babel mendorong Sat Pol PP untuk meningkatkan operasi penyelamatan Hutan Menumbing yang rusak parah.

Bong Ming Ming juga minta Kepolisian mengusut tuntas dua orang penambang yang berhasil ditangkap oleh Satpol PP Bangka Barat dalam razia kemarin, Senin (09/09/2019).

”Adanya tersangka pelaku penambang liar yang baru–baru ini tertangkap yang mana akan diserahkan ke Kepolisian, kami minta diusut tuntas, mulai siapa pemilik tambang, sampai kemana mereka menjual hasil tambang ilegal tersebut. Usut tuntas dan tangkap, itu salah satu bentuk serius yang kami harapkan dilakukan oleh pihak Kepolisian,” kata Bong Ming Ming.

Dia yakin, dengan kinerjanya yang profesional, pihak Kepolisian bisa mengusut tuntas masalah tersebut. Apalagi para pelaku tambang liar yang jelas–jelas sudah merambah dan merusak salah satu situs sejarah yang ada di Provinisi Bangka Belitung. Tahura Gunung Menumbing bukan hanya milik Pemda Bangka Barat, tetapi sudah menjadi bagian dari sejarah saat diakuinya Indonesia menjadi negara yang berdaulat.

”Kami akan coba mendorong di Badan Anggaran DPRD Provinsi agar supaya ada dana yang bisa digelontorkan untuk melakukan penyelamatan dan rehabilitasi kondisi Menumbing. Terakhir, saya mengajak masyarakat bersama–sama melakukan gerakan peduli Menumbing, bersama–sama kita lawan perusak dan perambah Gunung Menumbing ini,” tutupnya. (buditio/BBR)


Penulis  : Buditio
Editor    :Ahada
Sumber : Babel Review