Ini Loh Tips Dan Trik memilih daging segar menurut Dokter Rahmawati

Admin
Ini Loh Tips Dan Trik memilih daging segar menurut Dokter Rahmawati
Foto:Andre

Anda yang tak sering-sering amat memasak masakan berbahan dasar daging sapi atau ayam mungkin agak sulit mengetahui rupa daging yang segar yang tersedia di supermarket ataupun pasar tradisional. Namun ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menentukan kesegaran daging daging tersebut.

 Apalagi sudah hampir mendekati hari raya Idul Adha, Masakan berbahan dasar daging merupakan hal yang wajib menjadi hidangan saat hari raya, namun beberapa daging dapat ditemukan sudah tidak layak atau tidak segar lagi.Babelreview mencoba memberikan tips dan trik memilih daging segar yang layak konsumsi menurut Dokter Hewan Rahmawati.

  1. Warna daging

 Salah satu ciri fisik yang mudah terlihat adalah warna daging itu sendiri. Pilih daging yang masih berwarna merah cerah. "Jangan sekali-kali memilih daging dengan warna yang sudah tidak merah lagi, karena bisa berarti daging ini sudah lama dan tidak layak dikonsumsi," jelas rahma.

  1. Tekstur. 

 Tekstur daging yang masih segar terasa masih kenyal. Tekanlah sedikit bagian daging untuk mengetahui teksturnya. Jika tekstur daging kembali seperti semula setelah ditekan, atau kenyal, berarti daging masih segar. Namun jika daging ditekan tidak kembali seperti semula ataupun lambat kembali maka daging kurang segar.

  1. Aroma

Daging yang masih segar memiliki aroma yang segar dan khas , atau yang biasa disebut bau daging. "Kalau dagingnya segar pasti bukan bau asam dari dagingnya," bebernya.

  1. Usahakan pilih daging segar dibanding daging beku

jika bisa membeli daging segar dan akan langsung mengolahnya, mengapa harus membeli daging sapi beku? Membekukan daging bertujuan untuk mempertahankan keawetan daging. Mungkin saja daging ini awet, namun sebenarnya sudah tidak segar lagi.Apalagi jika proses pembekuannya tidak sesuai standar. Ketika terpaksa membeli daging beku, pilih daging yang proses pembekuannya sempurna pungkasnya. Kamis (02/08/2018)


Penulis : Andre
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview