Inspektorat Basel Siap Terima Konsultasi Pengelolaan Anggaran

kasmirudin
Inspektorat Basel Siap Terima Konsultasi Pengelolaan Anggaran
Kepala Inspektorat Daerah Basel, PD Marpaung. (dok)

TOBOALI , BABELREVIEW.CO.ID -- Pengelolaan anggaran baik dana desa maupun anggaran yang ada di organisasi pemerintah daerah (OPD) seringkali menjadi permasalahan yang serius bagi kepala desa maupun kepala OPD .

Resiko yang paling sering dihadapi oleh pengguna anggaran ialah ketidakefektifan , efesiensi maupun tidak akuntabel.

Untuk itu, Inspektorat Kabupaten Bangka Selatan mengajak seluruh perangkat desa untuk mematuhi prinsip pengelolaan keuangan desa yang efektif dan efisien, serta akuntabel termasuk menghindari upaya dan niat fraud/kecurangan dalam penggunaan anggarannya.

"Secara praktek, selain menggunakan pendekatan hard control, pencapaian akuntabel dimaksud akan lebih berhasil bila mengedepankan pendekatan dengan soft control. Misalnya etika, moral dan integritas yang baik dalam sistem pengendalian internal pada pengelolaan keuangan desa," jelas Kepala Inspektorat Daerah Basel, PD Marpaung.

Menurutnya, perencanaan pengelolaan keuangan yang baik saja belum cukup bila tidak disertai aspek pengendalian internal dengan pendekatan soft control.

"Demikian halnya juga kepada seluruh OPD, dengan besarnya anggaran yang dikelola, maka semakin besar juga tingkat risiko yang akan muncul. Namun dengan sistem pengendalian internal yang baik oleh seluruh staf maupun pejabat struktural dalam OPD tersebut, diharapkan akan semakin meminimalisir risiko kesalahan, " lanjutnya

Ia mengimbau, bilamana ada hal yang ingin dikonsultasikan dalam proses pelaksanaan kegiatan, guna menghindari keraguan. agar segera menghubungi Inspektorat melalui telepon maupun datang langsung maupun konsultasi dalam bentuk tertulis. (BBR)


Penulis  : Andre   
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review