Jalan Banyak Rusak, DPRD Bateng Desak Dinas PU Segera Perbaiki

kasmirudin
Jalan Banyak Rusak, DPRD Bateng Desak Dinas PU Segera Perbaiki
Komisi III DPRD Bangka Tengah saat mengunjungi Desa Beluluk Kecamatan Pangkalanbaru untuk melihat kondisi jalan yang rusak parah pada Senin (11/6/2019). (Foto: Faisal)

PANGKALAN BARU, BABELREVIEW.CO.ID -- Menanggapi keluhan masyarakat, Komisi III DPRD Bangka Tengah mengunjungi Desa Beluluk Kecamatan Pangkalanbaru untuk melihat kondisi jalan yang rusak parah pada Senin (11/6/2019)

Ketua Komisi III DPRD Bangka Tengah, Batianus mengatakan, dirinya mendapat laporan dari masyarakat terkait jalan yang sudah rusak bertahun-tahun tanpa ada sentuhan pemeliharaan.

"Jalan Manunggal didepan landasan bandara kondisinya rusak parah, dan memang sudah lama sekali belum dapat sentuhan perbaikan. Bahkan sebagai bentuk kepedulian, masyakarat sendiri yang punya inisiatif untuk menimbun sendiri lubang-lubang jalan dengan puing-puing bangunan," ujar Batianus kepada Babel Review, Selasa (11/6/2019)

Setelah sidak ke lokasi, pihaknya ingin menyampaikan kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bangka Tengah melalui Kabid Binamarga, untuk segera memperbaiki jalan tersebut dan membangun saluran drainase agar air tidak mengenangi jalan saat hujan turun.

“Mengingat jalan tersebut sangat ramai sekali dilewati masyarakat serta menjadi akses satu-satunya bagi anak-anak untuk pergi sekolah di SMA dan SMK Beluluk, saya berharap dinas terkait untuk segera diprioritaskan perbaikannya," ucap Batianus.

Batianus berharap Dinas PU harus menggunakan dana swakelola dan tanggap darurat, yang betul-betul berskala prioritas, dalam artian dana itu digunakan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya menekankan untuk dinas terkait menentukan skala prioritasnya, agar tahu mana jalan yang benar-benar butuh pemeliharaan dan yang tidak," tuturnya.

Ia mengatakan, setiap tahun di Dinas PU ada anggaran dana pemeliharan rutin untuk jalan. Namun masih banyak sekali di wilayah Pangkalan Baru, Namang dan Munggu, dijumpai titik-titik jalan yang rusak bahkan sudah lama belum ada perbaikan atau pemelihaaraan.

"Banyak jalan kabupaten yang tidak mendapat sentuhan pemeliharaan. Bahkan di beberapa jembatan yang sudah dibangun beberapa tahun yang lalu sampai hari ini, belum ada pengaspalan kembali. Sehingga jalan di sekitar jembatan banyak rusak dan berlobang, untuk itu saya berharap Dinas PU bisa mengelola dana swakelola dengan baik agar bermanfaat untuk masyarakat," tandasnya. (BBR)


Penulis  : Faisal   
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review