Kabupaten Bangka Terapkan Aplikasi E-Arsip SIKD  

Admin
Kabupaten Bangka Terapkan Aplikasi E-Arsip SIKD   
Foto:Ibnu

 

BANGKA BABELREVIEW-- Penyerahan aplikasi E-Arsip Sistem Informasi Kearsipan Finamis (SIKD) dan pelatihan pendampingan praktek aplikasi SIKD oleh Kantor Arsip Nasional dengan Pemerintah Kabupaten Bangka di OR, Rabu (11/9).

Kepala Sub Regional IIB  Kantor Arsip  Nasional Gunawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengelolaan arsip ini semakin hari semakin mengalami kemajuan.

Menurutnya, saat ini pengelolaan kearsipan  harus menuju berbasis aplikasi karena kearsipan berbasis manual membutuhkan biaya yang cukup besar, salah satunya penggunaan kertas yang cukup banyak, yang akhirnya akan berdampak pada kerusakan alam.

"Kita akan meninggalkan sedikit demi sedikit pengelolaan kearsipan berbasis konvensional. Hal tersebut kita harus segera dilaksanakan salah satunya di tingkat kabupaten kota," jelasnya.

Lebih lanjut ia menandaskan kearsipan harus disajikan cepat dan akurat sehingga dapat memberikan data yang sempurna ke masyarakat.

"Mudah-mudahan Kabupaten menjadi pilot projek di provinsi Bangka Belitung," harapnya.

Bupati Bangka Mulkan SH MH menegaskan Tahun 2020 anggaran untuk kearsipan akan ditambah sedikit, karena dinas kearsipan merupakan instansi yang menjaga data dan kerahasiaan pemerintahh.

"Kedepan mari kita dukung bersama dinas kearsipan ini. Ini guna mempercepat proses dari kegiatan yang ada di Pemkab Bangka," tuturnya.

Bupati menilai sistem informasi kearsipan dinamis ini harus segera diikuti dan dilaksanakan guna mempercepat proses kearsipan yang ada di Pemkab Bangka. (BBR)


Penulis  : Ibnu
Editor    :Atik
Sumber : Babel Review