Kaleidoskop Pariwisata Babel 2019 (1)

kasmirudin
Kaleidoskop Pariwisata Babel 2019 (1)
Kampung Pelangi Nelayan Desa Kurau. (Foto: Fierly)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Pariwisata Bangka Belitung terus menggeliat dan berkembang. Melalui program satu desa satu tempat wisata yang digelorakan pemerintah, membuat pemerintah daerah berlomba-lomba untuk menciptakan kawasan pariwisata yang baru.

Selama tahun 2019 begitu banyak destinasi wisata di Negeri Serumpun Sebalai ini bermunculan. Yuk, intip destinasi wisata di Bangka Belitung yang begitu instagramble.

1. Warna Warni Kampung Pelangi Nelayan Desa Kurau

Kampung ini sebelumnya perkampungan nelayan pada umumnya yang biasa saja. Namun, oleh mahasiswa KKN PPM Universitas Bangka Belitung (UBB), kampung nelayan di Kawasan Kurau Timur, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah ini menjadi penuh warna. Mereka menyebutnya Kampung Pelangi Nelayan Desa Kurau.

Kampung Pelangi, karena di kawasan tersebut kini dipenuhi berbagai warna yang membuat indah kawasan tersebut.
Mulai dari rumah penduduk, taman, jembatan, dermaga hingga gazebo yang ada di kawasan tersebut yang dulu kusam kini tampak indah di pelupuk mata. Tak hanya itu, mahasiswa juga menyulap taman di dekat wisata hutan mangrove menjadi penuh warna.

Kini Kampung Pelangi Nelayan Desa Kurau menjadi salah alternatif lokawisata bagi masyarakat Bangka.

 2. “Little Amazon” Desa Jeriji


Objek wisata ini unik, lain dari yang lain. Ya, wisata "Little Amazon" Desa Jeriji namanya. Lokawisata yang terletak di Desa Jeriji, Kabupaten Bangka Selatan ini memiliki panorama alam yang begitu mengagumkan.

Pemerintah Desa Jeriji terus mengembangkan destinasi wisata ini melalui BUMDes, dengan meningkatkan akses menuju lokasi dan berbagai sarana pendukung.

Wisatawan yang berkunjung ke sini akan diajak berkeliling bak mengarungi hutan amazon Brasil dengan menggunakan perahu. Tentunya pengunjung akan terkesima dengan keindahan Little Amazon Desa Jeriji.

3. Agrowisata Wangi Hijau

Dibangun tahun 2017, destinasi wisata alam Agrowisata “Wangi Hijau” kini memiliki banyak keunikan dan spot menarik yang ditawarkan bagi pengunjung. Ada perkebunan kelapa hijau wangi pandan, mini zoo, jambu lilin madu Thailand, durian montong, jeruk, nanas madu, air terjun, kolam renang, wahana permainan dan restoran.

Terletak di Desa Nyuruk, Kecamatan Dendang, Kabupaten Belitung Timur, obyek wisata ini begitu ramai dikunjungi, terutama hari Sabtu - Minggu. Berbagai jenis hewan dipelihara di sana sebagai salah-satu bentuk wisata edukasi mengenal hewan, antara lain beberapa buaya besar, monyet, tupai, kancil, berbagai jenis burung dan berbagai jenis ayam. Hewan tersebut berasal dari alam Belitung Timur.

 

4. Taman Bunga Matahari

 

Lokawisata baru ini sangat ciamik. Jika biasanya pantai menjadi lokasi wisata favorit di Bangka Belitung, kini ada Taman Bunga Matahari yang belakangan ini sedang hype-hype-nya di kalangan anak muda.

Taman Bunga Matahari ini merupakan salah satu sisi lain cara reklamasi terpadu kawasan eks tambang timah oleh PT. Timah yang bernilai ekonomis. Terletak di Dusun Air Dayung, Desa Riding Panjang, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, yang disebut Kampoeng Reklamasi ini, kini telah menjadi tujuan Favorit bagi wisatawan yang berburu foto cantik untuk menambah koleksi feed Instagram.

5. Danau Kaolin

Detinasi wisata satu ini merupakan bekas tambang bijih timah yang disulap menjadi wisata air yang intagramble sepanjang 2019. Kawasan wisata ini dikelola Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Gemini bersama BUMDes Nibung Jaya Abadi (NJA), saat ini semakin menarik, tertata, rapi dan bersih serta sudah banyak wahana.

Lokawisata yang terletak di Desa Nibung, Kabupaten Bangka Tengah ini dilengkapi berbagai wahana bermain seperti sepeda air dan spot selfie. Sehingga lokasi wisata satu ini menjadikan lokasi yang ramai dikunjungi. (BBR)


Penulis  : BBR 
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review