Kaleidoskop Pariwisata Babel 2019 (4)

kasmirudin
Kaleidoskop Pariwisata Babel 2019 (4)
Bukit Bebek Emas. (Foto: Fierly)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Pariwisata Bangka Belitung terus menggeliat dan berkembang. Melalui program satu desa satu tempat wisata yang digelorakan pemerintah, membuat pemerintah daerah berlomba-lomba untuk menciptakan kawasan pariwisata yang baru.

Selama tahun 2019 begitu banyak destinasi wisata di Negeri Serumpun Sebalai ini bermunculan.  Yuk, intip destinasi wisata di Bangka Belitung yang begitu instagramble di 2019.

16. Bukit Bebek Emas



Destinasi wisata Bukit Bebek Emas merupakan lokasi wisata yang baru di Pulau Bangka. Lokawisata satu ini punya pemandangan yang indah.

Bukit Bebek Emas ini terletak di Desa Tanjung Gunung, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah. Pengunjung bisa menempuh waktu kurang lebih 30 menit dari pusat Kota Pangkalpinang.
Pengunjung harus naik ke atas bukit, untuk mencapai lokasi. Namun jangan khawatir, karena akses jalan menuju ke atas bukit begitu baik dan mulus.

Baca Juga: Kaleidoskop Pariwisata Babel 2019 (1)

Tiba di atas bukit, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang begitu indah, bisa melihat Kota Pangkalpinang. Pengunjung bias berswafoto di atas bukit yang sejuk ini.

Destinasi wisata satu ini selalu menjadi pilihan wisatawan setiap akhir pekan. Tunggu apalagi gaes, kunjungi destinasi wisata baru ini.

17. Taman Wisata Alam Batu Mentas



Taman Wisata Alam Batu Mentas hanya berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Tanjungpandan. Bahkan dari Bandara HAS Hanandjoeddin, wisatawan hanya perlu waktu berkendara sekitar 20 menit saja menuju Desa Kelekak Datuk, Kecamatan Badau. Akses jalannya relatif bagus.

Perjalanan pun terasa menyenangkan karena melewati perkebunan lada milik warga yang menyegarkan mata dengan warna hijau suburnya. Itu tentu baru ‘pemanasan’ sebelum pengunjung benar-benar tiba di Batu Mentas. Taman Wisata Alam Batu Mentas dikembangkan sebagai lokasi ekowisata sejak tahun 2009.

Tak hanya disediakan untuk destinasi tamasya keluarga, wisata ini juga dapat menjadi wahana edukasi lingkungan dan konservasi, termasuk juga sebagai lokasi penelitian.

Baca Juga: Kaleidoskop Pariwisata Babel 2019 (2)

Hawa sejuk langsung menyambut pengunjung yang datang ke sini. Maklum, Batu Mentas memang terletak di kaki Gunung Tajam yang tak lain adalah daratan tertinggi di Belitung.

Masuk ke area taman, tenda-tenda khas Apache terlihat begitu menarik di sisi kiri. Sementara di sebelah kanan, sebuah bangunan cantik menjadi galeri informasi tentang Tarsius, fauna unik khas Belitung yang langka.

Daya tarik utama Batu Mentas adalah aliran air sungainya yang jernih. Dengan bebatuan besar yang berada di aliran sungai, keindahan Batu Mentas pun makin menjadi. Pengunjung bias mengeksplore sungai dengan menggunakan ban karet, asik bukan?

18. Pantai Pulau Tiga Bio



Bangka Belitung memang terkenal dengan wisata pantainya. Salah satunya Pantai Pulau Tiga Bio di Desa Deniang, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Pantai Pulau Tiga bisa dibilang belum tersentuh banyak tangan manusia. Hal ini terlihat dari masih bersihnya kondisi pantai ini serta air yang jernih.

Tak dipungkiri perpaduan pasir putih nan bersih, bebatuan raksasa yang tegak kokoh di tengah air yang jernih, memang mampu menggoda wisatawan yang berkunjung untuk menyelam di pantai tersebut atau hanya sekedar menikmati pemandangan yang indah untuk mengisi Feed Instagram.

19. Rumah Jendela Inspirasi



Pengen cari lokasi berswafoto yang unik di Pangkalpinang dengan susunan bangunan yang unik dan arsitektur yang menarik? Rumah Jendela Inspirasi Pangkalpinang mampu memenuhi keinginan Anda. Sebuah rumah yang didesain dengan banyak jendela warna-warni tentu membuat unik bangunan tersebut dan sangat cocok menjadi backdrop bagi pengunjung yang hobi berswafoto.

Baca Juga: Kaleidoskop Pariwisata Babel 2019 (3)

Juga terdapat banyak spot foto menarik lainnya, seperti beberapa barang antik bersejarah dan ukiran mural di dinding bangunan tersebut. Pada lantai atas ada ruang terbuka untuk melihat landscape Bangka. Meski tak memiliki gedung-gedung tinggi, namun hijaunya pemandangan ditambah deretan bukit dan langit biru membuat adem suasana di atas gedung tersebut. Untuk menambah  cantiknya pemandangan juga di pasang huruf LVE buat yang tetep mau berfoto-foto.

20. Pantai Penyusuk



Terletak di Desa Penyusuk, Kelurahan Bukit Ketok, berjarak sekitar 25 km dari pusat Kota Belinyu ke arah Utara Pulau Bangka, pantai ini begitu mempesona.

Lokasi pantai terletak di ujung paling utara Pulau Bangka ini, dikenal dengan nama Pantai Penyusuk.
Perjalanan yang ditempuh menuju lokasi pantai ini sekitar 15 menit menelusuri jalan beraspal hingga ke pantainya. Perjalanan dapat dilakukan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan, karena tidak ada angkutan umum menuju lokasi pantai yang ada di Utara Pulau Bangka tersebut.

Sepanjang perjalanan, kita akan disuguhi dengan pemandangan yang berganti-ganti, ada lokasi penambangan timah yang dikelola secara sederhana oleh masyarakat lokal, ada pula perkampungan penduduk etnis Tionghoa, perkampungan Melayu serta perkebunan cengkeh dan jambu mete.

So, tunggu apalagi gaes, segera kunjungi pantai satu ini. (BBR)


Penulis  : BBR 
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review