Kehadiran Transmart Pangkalpinang, Bisa Jadi Dilema Baru Ekonomi Babel

kasmirudin
Kehadiran Transmart Pangkalpinang, Bisa Jadi Dilema Baru Ekonomi Babel
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman bersama Chairman CT Corp, Chairul Tanjung, saat melihat gerai UMKM yang ada di Transmart Kota Pangkalpinang yang baru diresmikan, Jumat (22/11/2019). (Foto: Fierly)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID  -- Melihat antusias masyarakat terhadap Transmart yang baru diresmikan pada Jumat (22/11/2019) kemarin, pengamat ekonomi sekaligus Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung (UBB) Dr. Devi Valeriani S.E., M.Si mengatakan, sudah diprediksi jauh hari. Hadirnya Transmart di Kota Pangkalpinang tersebut, kata Devi, memang telah lama dinanti  oleh masyarakat Bangka Belitung, khususnya masyarakat Pangkalpinang dan sekitar.

Kehadiran Transmart memang mendapat sambutan positif dari masyarakat Pangkalpinang, yang tentunya dapat menjadi alternatif lain bagi mereka untuk berbelanja, rekreasi dan hiburan.

Namun, tak bisa dipungkiri juga kehadiran sebuah pusat perbelanjaan modern seperti Transmart ini, kata Devi, sering menuai pro kontra bagi berbagai kepentingan. Transmart yang kini telah kokoh menapakkan kakinya di Ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pun tak lepas dari asumsi tersebut.

Meski demikian, menurut Devi, kehadiran Transmart dapat menjadi sumber Penerimaan Asli Daerah yang baru bagi Kota Pangkalpinang, yang akhirnya meningkatkan PAD Kota Pangkalpinang.

"Tentunya Transmart akan menjadi pusat  perputaran uang yang baru dan selain itu akan terjadi penyerapan tenaga kerja," katanya. (BBR)


Penulis  : Diko           
Editor    : Kasmir
Sumber  :Babel Review