Kelompok Sadar Wisata Kapit Bina dan Gerakkan Masyarakat untuk Cinta Wisata 

buditio
Kelompok Sadar Wisata Kapit Bina dan Gerakkan Masyarakat untuk Cinta Wisata 
Hutan Menambar, Desa Kapit

PARITTIGA, BABELREVIEW.CO.ID -- Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kapit, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, saat ini sedang berusaha membina dan menyadarkan masyarakat setempat, agar menjadi masyarakat yang cinta wisata.

Desa Kapit, memiliki hutan Menambar yang potensial untuk dikelola dan dikembangkan menjadi hutan wisata.

Sekretaris Pokdarwis Desa Kapit, Firdaus mengatakan, membina dan menyadarkan masyarakat, agar cinta wisata (obyek wisatanya ada di dalam desanya sendiri), merupakan tugas besar yang sekarang tengah diusahakan oleh Pokdarwis.

"Kalau soal pengelolaan wisata di dalam hutan kami ke depan, konsep dan planningnya banyak. Hanya saja pelaksanaannya kan butuh waktu panjang, yang paling penting sekarang adalah membangun masyarakat. Agar sadar dan cinta wisata yang obyeknya ada di dalam desanya sendiri," ujar Firdaus, Selasa (3/12/2019).

Banyak potensi di hutan yang bisa dikelola yang imbasnya ke ekonomi masyarakat, lahirnya UKM dari rumah tangga atau pemuda setempat.

Hutan ini di kelola oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Banyak potensi di hutan yang bisa dikelola dan punya nilai ekonomi.

"Pemerintah desa, bersama pemuda, masyarakat dan kami, sudah mulai menata potensi-potensi di hutan dan potensi lain yang bisa dibangun di hutan wisata ini," jelas Firdaus.

potensi yang ada kata Firdaus, di antaranya membuka bumi perkemahan, spot-spot foto, sarana dan fasilitas umum seperti toilet. Kalau air bersih di hutan ini sumbernya cukup besar.

Kades Kapit, Deni Ferdian mengatakan, banyak potensi di dalam Hutan Menambar, bisa  dikelola untuk sumber PADesa.

"Orientasi ke depan seperti itu (pengelolaan dan bangun potensi di hutan untuk sumber PADesa), tapi sekarang belum. Hutan kami potensi untuk hutan wisata. Pengelolaan hutan tujuannya juga selain untuk pelestarian hutan, juga untuk menumbuhkan ekonomi yang manfaat ekonominya juga untuk masyarakat," kata Deni. (BBR)


Penulis   : Buditio

Editor     : Kasmir

Sumber  : Babel Review