Kembangkan Sektor Pertanian, Petani Desa Munggu Ikuti Bimtek  

Admin
Kembangkan Sektor Pertanian, Petani Desa Munggu Ikuti Bimtek   
Foto:Faisal

 MUNGGU, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Dinas Pertanian menggelar bimbingan teknologi (bimtek) bagi petani di Desa Munggu, Kecamatan Sungaiselan, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (30/10) di Kebun Sarpandi.

 

Kades Munggu, Thamrin Aziz selesai acara mengatakan, kegiatan bimtek di Desa Munggu ini bertemakan peningkatan kapabilitas penyuluhan dan sumber daya manusia (SDM) Tahun Anggaran 2019.

"Bimtek ini bertujuan untuk pengembangan sektor perkebunan, sehingga bisa memberikan solusi penghasilan alternatif setelah menurunnya sektor pertambangan,” ujarnya.

 

Lebih lanjut ia mengatakan, sektor perkebunan bisa memberikan kontribusi penghasilan bagi petani dalam mengatasi sektor pertambangan yang terus menurun.

“Untuk itu melalui bimtek ini para petani diberikan pemahaman tata cara budidaya sektor perkebunan seperti sahang, sawit dan kopi,” ujar Kades kepada Babelreview.co.id.

 

Selain sektor pertanian, dalam bimbingan tersebut petani harus bisa mengembangkan sektor peternakan untuk bisa mengatasi kelangkaan pupuk dan perbaikan kualitas tanah sehingga menjadi subur kembali.

 

"Dengan adanya bimtek ini, kami harapkan komunikasi antar pemdes, pemkab dan provinsi menjadi lebih optimal terkhusus dalam pengembangan pertanian dan peternakan, serta bisa memudahkan petani dalam memperoleh bibit yang baik sehingga perekonomian masyarakat dapat terbantu melalui pertanian terpadu," pungkasnya.Bimtek dihadiri langsung oleh Gubernur Babel Erzaldi Roesman serta undangan dari provinsi dan warga Desa Munggu yang mencapai sekitar 350 orang. (BBR)


Penulis : Faisal

Editor : Fennie

Sumber:Babelreview