Kesbangpol Data Ulang Seluruh Ormas dan LSM di Basel

kasmirudin
Kesbangpol Data Ulang Seluruh Ormas dan LSM di Basel
Kepala Badan Kesbangpol Bangka Selatan, Doni S.Ip, M.Si. (Foto: Andre)

TOBOALI , BABELREVIEW.CO.ID -- Organisasi masyarakat (Ormas) dan Lembaga Sosial Masyarakat (LSM)  yang ada di Kabupaten Bangka Selatan, dalam waktu dekat akan didata ulang oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Kepala Badan Kesbangpol Bangka Selatan, Doni S.Ip, M.Si mengatakan, verifikasi ulang Ormas dan LSM ini dilakukan guna tertib administrasi, serta memvalidasi keberadaan organisasi tersebut di Bangka Selatan.

Menurutnya, ada 84 Ormas yang telah terdata di Kesbangpol, seperti Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan organisasi kemasyarakatan (ormas) sampai dengan awal tahun 2019.

"Dari 84 ormas yang terdata, 65 persen di antaranya Surat Keterangan Terdaftar (SKT) akan habis masa berlakunya tahun 2019 ini. Untuk itu kami harapkan Ormas dan OKP segera mengurus, sehingga kami bisa mengajukan ke Kemendagri untuk diperpanjang," jelasnya Rabu (15/05/2019).

Diakuinya, Kesbangpol Bangka Selatan tidak bisa lagi mengeluarkan SKT, namun sebatas memfasilitasi untuk mengajukan berkas tersebut ke Mendagri untuk didaftarkan.

Untuk ormas yang telah terdaftar, lanjutnya, yang memiliki SK Kumham dari Dirjen AHU cukup melaporkan saja, sehingga dapat didaftarkan di Kesbangpol Bangka Selatan.

"Jika ormas sudah memiliki SK Kemenkumham, mereka tidak usah lagi mendaftar ke Mendagri cukup laporkan saja, maka akan kami langsung daftarkan di Kesbangpol Bangka Selatan," tutupnya. (BBR)


Penulis  : Andre
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review