KWT Desa Keretak Kembangkan Budidaya Bunga Rosella

kasmirudin
KWT Desa Keretak Kembangkan Budidaya Bunga Rosella
Kepala Desa Keretak, Ahmad Nurihsan. (Foto: Ist)

SUNGAISELAN, BABELREVIEW.CO.ID -- Saat ini Pemerintah Desa (PemDes) Keretak, Kecamatan Sungai Selan, Kabupaten Bangka Tengah, bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) berupaya mengembangkan budidaya bunga rosella. Bunga yang kaya manfaat ini dapat dimanfaatkan sebagai produk olahan yang bernilai jual tinggi.

“KWT di Desa Keretak memiliki program yang berkesinambungan sebagai salah satu pemberdayaan perempuan melalui kegiatan inovasi UMKM,” kata Kepala Desa Keretak, Ahmad Nurihsan saat diwawancara Kamis, (18/7/2019) sore.

Ia mengatakan, sebelumnya KWT telah berhasil mengolah cabai menjadi saos yang bernilai ekonomis. Namun terkendala mahalnya bahan baku, maka beralih budidaya tanaman bunga Rosella.

“Budidaya bunga Rosella akan terus dikembangkan, nantinya bunga rosella akan kita olah menjadi teh dan sirup yang memiliki rasa khas dan memiliki nilai jual yang tinggi. Sekarang baru tahapan penanaman,” ujarnya.

Menurut Ihsan, selain memiliki nilai ekonomis tinggi, inovasi olahan teh dan sirup bunga Rosella juga bermanfaat bagi kesehatan untuk dikonsumsi.

“Selain itu, bunga Rosella perawatannya cukup mudah. Nantinya para ibu-ibu KWT akan kita ikutkan pelatihan bagaimana cara mengolah bunga Rosella dengan baik dan benar, sehingga menjadi inovasi produk UMKM. Karena di Kabupaten Bangka Tengah sendiri belum ada yang betul-betul mengembangkan budidaya tanaman ini,” terangnya. (BBR)


Penulis  : Gusti
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review