Lahan di Dusun Pal 4 Penyak Ludes Terbakar

kasmirudin
Lahan di Dusun Pal 4 Penyak Ludes Terbakar
lahan seluas 1,5 heltare di Dusun Pal 4, Desa Penyak, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah. habis dilalap api pada Jumat (8/11/2019) malam. (Foto: Istimewa)

PENYAK, BABELREVIEW.CO.ID -- Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi Dusun Pal 4, Desa Penyak, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah. Lahan seluas 1,5 hektare ini, habis dilalap api pada Jumat (8/11/2019) malam.

"Kami mendapatkan informasi dari masyarakat pada pukul 18.03 WIB. Mendapat laporan tersebut, kami langsung menerjunkan sebanyak satu regu Tim TRC BPB Bangka Tengah untuk melakukan pemadaman, dengan menggunakan satu unit mobil tangki air," ungkapnya kepada Babel Review Sabtu (9/11/2019).

Ia menuturkan, proses pemadaman api dilakukan dengan cara penyemprotan dengan menggunakan mobil tangki air dan dibantu oleh Camat Koba, Muslimin.

"Lahan yang dilalap si jago merah ini, mengakibatkan asap yang membumbung tinggi. Sehingga  sempat mengganggu para pengemudi yang melintasi jalan raya Penyak," ucapnya.

Dengan kesigapan para petugas, api berhasil dipadamkan satu jam kemudian. Sehingga tidak menggangu pemukiman warga dan menyebabkan korban jiwa.

"Kebakaran ini terjadi di titik yang sama dari kejadian bulan lalu, di jalan raya Penyak. Penyebabnya  saat ini masih diduga berasal dari puntung rokok dan pembakaran sampah sembarang yang membakar rumput kering, sehingga membuat api merambat dan meluas," pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Faisal
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review