Lepas Ratusan Burung Simbol Peresmian Sekolah Alam Balai Kemuliaan

kasmirudin
Lepas Ratusan Burung Simbol Peresmian Sekolah Alam Balai Kemuliaan
Pelepas liaran ratusan burung dan penanaman pohon menandai peresmian Sekolah Alam Balai Kemuliaan yang ada di sekitaran Bukit Sak Buk Desa Rebo, Kecamatan Sungailiat, Jum'at (8/11/2019). (Foto: Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Peresmian Sekolah Alam Balai Kemuliaan yang ada di Desa Rebo, Kecamatan Sungailiat, dilaksanakan dengan pelepas liaran ratusan burung dan penanaman pohon di sekitaran Bukit Sak Buk Desa Rebo, Jum'at (8/11/2019). Sekolah alam tersebut dibangun oleh Yayasan Bangka Alam Lestari, yang telah berkecimpung dalam hal kegiatan pelestarian alam.

Ketua Yayasan Bangka Alam Lestari, Ahung mengungkapkan sekolah alam ini dibangun bertujuan untuk memberikan pendidikan berbahasa asing dan melestarikan lingkungan bagi anak-anak sejak dini yang ada di Desa Rebo dan sekitarnya.

"Ini merupakan murni kegiatan sosial yang kami gagas bagi siswa-siswi yang belum memiliki kesempatan untuk mempelajari bahasa asing, seperti bahasa mandarin dan inggris. Kami juga menyisipkan pemahaman kepada anak-anak untuk melestarikan lingkungan, agar kedepannya dapat cinta lingkungan," ungkap Ahung.

Kawasan sekolah alam yang terletak di Bukit Sak Buk bertepatan juga dengan jalur Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka. Kedepannya kawasan tersebut akan difokuskan kepada sektor pariwisata yang merupakan andalan Kabupaten Bangka.

"Kegiatan sekolah alam ini sangat mendukung program pemerintah daerah, dalam hal menunjang KEK. Dibekali dengan bahasa asing, nantinya siswa siswi ini dapat menjadi promotor atau pemandu wisata bagi turis yang hendak berkunjung," tutur Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka, Ahmad Mukhsin yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Sejauh ini telah ada puluhan siswa yang mengikuti pembelajaran di sekolah alam ini. Ke depannya pembangunan sekolah alam akan terus ditingkatkan, guna meningkatkan kapasitas kegiatan belajar mengajar. Dari segi tenaga pendidik juga akan lebih ditingkatkan jumlahnya.

Kegiatan ditutup dengan penandatanganan monumen peresmian dan pemotongan nasi tumpeng, sebagai simbol peresmian sekolah alam Balai Kemuliaan. Sekretaris Daerah beserta kepala Dinas Kehutanan Bangka Belitung beserta tamu undangan lainnya, beramah tamah dengan para siswa yang hadir dalam kegiatan tersebut. (BBR)


Penulis  : Ibnu
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review