Mahasiswa KKN UBB Desa Cit Kembangkan Wisata Kolong Biru

kasmirudin
Mahasiswa KKN UBB Desa Cit Kembangkan Wisata Kolong Biru
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bangka Belitung (UBB) akan mengembangkan kolong biru sebagai destinasi pariwisata di Desa Cit, Kecamatan Riausilip, Kabupaten Bangka. (Foto: Ist)

RIAUSILIP, BABELREVIEW.CO.ID -- Sebanyak 40 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bangka Belitung (UBB) di Desa Cit, Kecamatan Riausilip, Kabupaten Bangka, berencana akan mengembangkan pariwisata yang ada di desa tersebut. Rencana tersebut tertuang dalam salah satu program kerja yakni pengembangan sektor pariwisata di Desa Cit berbasis internet.

Rencana tersebut disambut antusias oleh warga sekitar guna menyukseskan program kerja KKN, yang tentunya sangat berpengaruh terhadap perkembangan pariwisata di Desa Cit.

Hal tersebut terlihat dari temu bersama karang taruna guna membicarakan konsep perkembangan pariwisata yang ada di desa tersebut, dimana salah satu sektor pariwisata yang difokuskan oleh kepala desa, warga sekitar serta mahasiswa adalah pengembangan wisata kolong biru bekas pertambangan timah.

Tak hanya kolong biru, ada beberapa sektor pariwisata yang nantinya akan dikembangkan serta dipromosikan melalui internet yaitu, produksi gula aren dan tambak kepiting bakau.

Kepala Desa Cit, Ardani, mengharapkan hadirnya mahasiswa KKN UBB dapat membantu perkembangan pariwisata di Desa Cit. Sehingga  berjalan dengan lancar dan dapat dilirik oleh pemerintah dan masyarakat luar desa.

"Ini dapat meningkatkan sumber daya manusia dan membantu perkembangan ekonomi yang ada di Desa Cit. Sehingga Desa Cit lebih banyak dikenal masyarakat luar, bahwa di desa ini mempunyai pemandangan alam yang menarik untuk dijadikan tempat pariwisata," ujarnya.

Ia menjelaskan kedepan, kolong biru ini akan dibangun sebuah dermaga kecil yang akan dijadikan sebagai tempat berswafoto.

"Dermaga, berbagai macam spot foto akan dibangun seperti ayunan dan panggung kecil, yang menghadap langsung ke kolong. Sehingga  wisatawan dapat berfoto langsung menghadap kolong biru dengan pemandangan yang sangat eksotis,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KKN di Desa Cit Aseftian  mengharapkan masyarakat dapat bekerja sama dalam pengembangan serta pembangunan kolong biru menjadi tempat wisata. Sehingga program ini dapat sukses dan membantu perekonomian warga sekitar dan menjadikan Desa Cit lebih dikenal oleh masyarakat luas.

"Kita mengharapkan bantuan dan sinergi masyarakat di Desa Cit, sehingga wisata dapat berkembang dan meningkatkan perekonomian masyarakat," harapnya. (BBR)


Penulis  : Diko
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review