Mahasiswa KKN UBB Gelar Banyak Kegiatan, Mulai Bagi-Bagi Tanaman Obat Sampai Senam Sehat

kasmirudin
Mahasiswa KKN UBB Gelar Banyak Kegiatan, Mulai Bagi-Bagi Tanaman Obat Sampai Senam Sehat
Mahasiswa KKN Universitas Bangka Belitung (UBB) Desa Baru 2019 dan warga Desa Baru Kabupaten Belitung Timur menggelar beragam kegiatan. (Foto: Ist)

BELTIM, BABELREVIEW.CO.ID -- Selama dua hari ini mahasiswa KKN Universitas Bangka Belitung (UBB) Desa Baru 2019 dan warga Desa Baru Kabupaten Belitung Timur menggelar beragam kegiatan.

Contohnya pada Kamis (8/8/2019), Tim KKN UBB melepas tanaman obat keluarga (Toga) ke rumah salah satu warga Desa Baru. Secara simbolis keluarga Eni, menerima tanaman Kesembung, Daun Ati-Ati, Terong Asam dan beberapa tanaman obat lainnya.

Menurut Riko, selaku penanggung jawab kegiatan, tujuan dari pelepasan tanaman obat keluarga (Toga) tersebut adalah memberi pemahaman terkait tanaman obat yang dapat dimanfaatkan sebagai pertolongan pertama jika  menderita sakit.

"Tujuannya untuk memberi pengetahuan terkait tanaman yang memiliki fungsi pengobatan.  Salah satu Contohnya seperti tanaman Jahe, yang ekstraknya dapat dimanfaatakan sebagai obat masuk angin," ujar Riko.

Sementara itu, Heni, warga yang dituju dalam pelepasan tanaman obat ini mengaku sangat senang karena rumahnya dipilih sebagai realisasi program dari Tim KKN UBB 2019.

" Awalnya kaget karena rumah kami yg dipilih. Tapi senang juga karena dengan adanya tanaman obat ini, pekarangan terlihat lebih ramai dan hijau. Apalagi ditambah dengan rak yang diberikan juga bagus, terlihat sesuai dengan pekarangan rumah kami," ujar Heni.

Usai pembagian tanaman obat kepada warga, pada hari Minggu (4/8/2019), Tim KKN UBB Desa Tematil Desa Baru 2019 ini menggelar senam sehat. Kegiatan ini didukung Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora) Kabupaten  Beltim. Selain diikuti para mahasiswa, Senam Sehat ini juga mendapat respon positif dari warga.

Senam merupakan jenis olahraga yang membutuhkan  kekuatan, keseimbangan, kelincahan dan koordinasi tubuh. Senam  sangat bermanfaat bagi kesehatan  tubuh karena dapat menjaga kebugaran yang  pastinya  membuat  masyarakat tetap sehat dan enerjik.

Senam pagi bersama penduduk Desa Baru ini dilaksanakan di Pantai Serdang. Kegiatan ini merupakan salah satu agenda mingguan KKN Desa Baru 2019. Dalam kegiatan ini pertama kali dilaksanakan pada hari Minggu 4 Agustus 2019 di Pantai Menara, pukul 07.00 WIB. Kegiatan tersebut ditujukan sebagai salah satu bentuk pentingnya pengelolaan  kesehatan  tubuh selain di imbangi dengan berbagai faktor lainnya. Kegiatan  ini diharapkan  juga dapat memupuk tali silaturahmi KKN Desa Baru 2019 dan seluruh masyarakat.

Tak  hanya senam  sehat, dalam kegiatan  ini juga dilakukan pembagian snack beserta pembagian doorprize dari pihak  Dispora. Warga tampak sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mulai dari anak-anak sampai orang tua ikut memeriahkan senam sehat.

Salah satu peserta senam yaitu Anggi mengungkapkan bahwa jarang dilaksanakan senam sehat di Pantai Menara. Ia berterimakasih dengan adanya Mahasiswa KKN UBB,  akhirnya kegiatan yang positif ini dapat dilaksanakan di Pantai Menara. (BBR)


Penulis  : Ranysa (CJ)
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review