Menjelajahi Eksotisme Pulau Kelapan

Admin
Menjelajahi Eksotisme Pulau Kelapan
Foto:Ichsan Husein

BANGKA SELATAN , BABELREVIEW-- Kabupaten Bangka Selatan menyimpan surga kecil di ujung wilayah mereka .Surga kecil itu bernama Pulau Kelapan.Pulau Kelapan merupakan pulau kecil nan indah yang terletak di Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan. Nama Pulau Kelapan sendiri masih belum jelas asal usulnya.

 Ada yang menyebutkan nama Pulau Kelapan diambil dari kondisi pulau tersebut yang memiliki banyak pohon kelapa, ada versi lain yang menyebutkan bahwa nama Pulau Kelapan d ambil dari Bahasa Bangka artinya pulau ke delapan. Untuk sampai ke Pulau Kelapan, haruslah menyebrang menggunakan speedboat dari Pelabuhan Sadai dengan kurun waktu 30 menit. 

Di perjalanan menuju Pulau Kelapan, panorama air laut yang jernih serta pemandangan sekitar menjadi keindahan tersendiri, belum lagi pemandangan dua pulau yakni Lepar dan Pongok menjadikan kesan eksotisme lebih kuat saat berkunjung ke Pulau Kelapan . Sesampainya di Pulau Kelapan , kita akan disambut oleh ramahnya warga lokal dengan beragam aktifitasnya , mulai dari membuat perahu, memperbaiki jaring , hingga menjemur hasil laut .

Banyak hal bisa dilakukan di Pulau Kelapan, namun snorkling adalah tujuan utama dari wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Wajar saja, sebab Pulau Kelapan menyuguhkan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Bebatuan karang di Pulau Kelapan dipenuhi oleh beraneka ragam biota laut, hampir segala jenis dan warna ikan tersedia di pantainya.  Peralatan snorkling juga bisa kita sewa di tempat ini.

Setelah selesai snorkling, wisatawan bisa mencicipi kuliner berbahan dasar hasil laut seperti ikan kerapu, ikan tenggiri yang dimasak lempah kuning, serta seafood lain seperti kepiting dan udang dari hasil tangkapan nelayan lokal tangkap yang tentunya masih segar. Ditemani kelapa muda yang baru dipetik membuat perut para pengunjung juga termanjakan setelah puas memanjakan mata. Devi (24) warga Palembang yang menetap di Pangkalpinang memuji keindahan dan potensi pariwisata di Bangka

Selatan khususnya di Pulau Kelapan. “Setelah takjub dengan Pan Semujur, Pulau Ketawai, sekarang Pulau Kelapan di Bangka Selatan membuat wisatawan semakin bingung memilih destinasi wisatanya karena semuanya menyuguhkan keindahan pantai yang luar biasa, “ pujinya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan , Pariwisata, dan Olahraga (DKPO) Kabupaten Bangka Selatan, Haris Setiawan mengatakan, jumlah wisatawan baik lokal maupun internasional yang berkunjung ke Pulau Kelapan semakin meningkat setiap tahunnya.

Tempat ini juga menjadi destinasi wisata andalan Pemkab Basel karena pemandangannya yang indah . Dikatakannya, tahun2019 Pemkab Basel sudah menganggarkan dana pembangunan serta perawatan fasilitas di beberapa tempat wisata, salah satunya Pulau Kelapan. “Mari bersama-sama kita menjaga keindahan pariwisata Basel. Galakkan promosi destinasi wisata melalui media sosial dan mari berwisata ke Bangka Selatan,” ajaknya. (BBR)


Penulis  : Ichsan
Editor    : Sanjay
Sumber  :Babel Review