Mie Ayam Kho Atet Mualaf

Admin
Mie Ayam Kho Atet Mualaf
Foto:Budi tio

BANGKA BARAT ,BABELREVIEW – Salah satu tujuan wisata kuliner yang sering didatangi olehwisatawan dan juga penduduk lokal di Kota Muntok adalah Mie Ayam Kho Atet Mualaf. Warung yang terletak di jalan Mayor Syafrie Rahman Muntok ini buka mulai pukul 06.30 wib  dan biasanya sudah tutup sebelum pukul 11.00 wib, bahkan ada kalanya pukul 09.00 wib pun sudah tutup karena memang pengunjung yang datang banyak.

Merintis usahanya dari tahun 2000, bermula dari emperan toko, Kho Atet penggilan akrabnya, bercerita bahwa awal usahanya dimulai dari menjual mie ayam hanya 1 kg saja. “ Itupun belum tentu habis,” ujarnya. Sempat berpindah-pindah usaha di seputaran kota Muntok akhirnya saat ini ia mempunyai lokasi penjualan yang tetap dan setiap harinya sudah dapat menghabiskan 10 kg bahan dasar mie.

Menurut Kho Atet mie ayam buatannya mempunyai resep khusus. Misalnya bahan dasar mie yang ia pergunakan menggunakan komposisi pembuatan yang berbeda dengan mie yang beredar di pasaran. Dimana ukuran dan kekenyalan mienya berbeda dengan yang ada. Jadi walaupun mie tersebut tidak buatan sendiri, tetapi ia minta dibuatkan mie dengan komposisi bahan dan ukuran sesuai dengan keinginannya.

Dan menurutnya mie sebagai bahan dasarnya dijamin bebas borax dan bahan pengawet. Begitu juga dengan daging ayam yang ia pergunakan hanya bagian dada dan dibuang kulitnya, dimana pengolahan ayam tersebut memerlukan dua kali proses. Kecambah dan sawi yang menjadi topping pun dipilih yang benar-benar segar. Terlahir dengan nama Bong Kong Thet dan kemudian masuk islam pada tahun 1979 dengan nama M. Teddy Cahyadi, menjadikan kuliner hasil olahannya diterima oleh semua golongan masyarakat.

Menurut Kho Atet, saat ini ia sedang mengajukan proses sertifikasi halal oleh MUI, dan berharap kedepannya ia dapat melebarkan usahanya di kota lain. Warung mie ayam Kho Atet sendiri menyajikan menu lain selain mie ayam, ada juga pangsit, tahu kok, pantiaw dan juga otak-otak. Menikmati mie ayam dengan pangsit dan tahu kok memang merupakan kombinasi kuliner yang lezat. Jadi buat yang berkunjung ke kota Muntok jangan lupa berkunjung di Mie Ayam Kho Atet Mualaf. Cukup dengan Rp. 20.000,- sudah dapat menikmati mie ayam beserta pangsit dan tahu kok. (BBR)


Penulis :Budi Tio
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview