NHPD Resmi ditandatangani, Bawaslu Bateng Dapat Dana Hibah 8,3 Milyar Untuk Pengawasan Pilkada 2020

Admin
NHPD Resmi ditandatangani, Bawaslu Bateng Dapat Dana Hibah 8,3 Milyar Untuk Pengawasan Pilkada 2020
Foto:Faisal

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) mendapatkan anggaran sebesar Rp. 8,3 Miliar dana hibah guna kebutuhan pengawasan Pilkada Tahun 2020.

Pemberian dana hibah yang dilakukan pada Kamis (19/9/2019) di ruang kerja Bupati Bangka Tengah tersebut sekaligus menandakan Bangka Tengah sebagai Kabupaten pertama yang secara resmi menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh mengatakan bahwa penandatangan NPHD ini sebagai wujud kesiapan Pemerintah Daerah dalam mendukung terselenggaranya Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 mendatang di Kabupaten Bangka Tengah.

“Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah siap mendukung sepenuhnya pelaksanaan Pilkada di daerah kita. Kami menyadari bahwa kesiapan anggaran menjadi salah satu kunci lancarnya tahapan pemilukada. Semoga kedepannya sinergi antar lembaga ini tetap terjalin dengan baik," ujar Ibnu.

Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Edi Irawan yang turut hadir dalam kesempatan tersebut sangat mengapresiasi dukungan dari Pemkab Bangka Tengah yang memprioritaskan pembahasan serta penandatangan NPHD ini.

"Di lingkungan internal Bawaslu ada 261 Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada serentak di Tahun 2020 dan Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah merupakan Bawaslu pertama yang telah melakukan penandatanganan NPHD. Ini patut diapresiasi," ucapnya.

Edi menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Bupati Bangka Tengah dan Tim Anggaran Pemkab Bangka Tengah hingga penandatanganan NPHD tersebut dapat dilaksanakan dengan cepat.

“Kami di provinsi memiliki kewajiban untuk mengkoordinir Bawaslu Kabupaten/Kota pada Pilkada serentak tahun 2020 ini, khusus di Babel ada empat daerah yang akan melaksanakan Pilkada, yaitu Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Barat dan Kabupaten Belitung Timur,” jelas Edi.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Robianto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah atas kerja sama serta dukungan yang baik, sehingga proses pembahasan hingga penandatanganan NPHD Pilkada 2020 dapat terlaksana dengan lancar.

“Terima kasih atas dukungan penuh dari Pemerintah Daerah dan jajarannya kepada Bawaslu Kabupaten   Tengah untuk mengawal serta mengawasi proses Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 mendatang,” pungkasnya.

Turut hadir dalam penandatanganan NPHD tersebut Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ari Susanto, Sekretaris Daerah Bangka Tengah Sugianto, Kepada BPKAD Kabupaten Bangka Tengah Cherlini dan Kabid Anggaran Agus. (BBR)


Penulis  : Faisal
Editor    : Fennie
Sumber : Babel Review