Pantai Matras Miliki Garis Pantai Terpanjang

Admin
    Pantai Matras  Miliki Garis Pantai Terpanjang
Foto:Pras

SUNGAILIAT, BABEL REVIEW -- Hamparan pasir putih berpadu dengan laut yang biru membuat Pantai Matras menampakkan eksotisme destinasi wisata yang sangat populer sejak dulu. Apalagi kini pantai yang terletak di Kelurahan Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, yang berjarak sekitar tujuh kilometer dari Kota Sungailiat ke arah utara ini punya kelebihan dengan garis pantainya yang panjang. Pepohonan pinus dan tanaman bunga mawar yang berwarna pink sangat dominan menghadirkan panorama, bahkan memikat mata pengunjungnya karena tampak indah dan menarik perhatian.

Pantai yang panjang dan seolah tak punya ujung ini membuatnya menjadi pantai terpanjang di Kabupaten Bangka. Apalagi kini mempunyai akses yang sangat mudah karena terdapat fasilitas jalan yang baik, sehingga semua jenis kendaraan dapat memasuki lokasi ini hingga ke bibir pantai. Bisa dikatakan bahwa pantai rakyat dengan keseharian deretan perahu nelayan adalah pantai yang paling banyak dikunjungi di Bangka, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kondisi pantainya yang indah berpasir putih dengan teksturnya yang halus dan landai sepanjang sekitar tiga kilometer dari ujung Selatan hingga ujung Utara dengan dilatarbelakangi juga dengan pepohonan kelapa. Terdapat aliran sungai yang membentuk kolam dan sering dimanfaatkan anak-anak bermain. Dari pintu gerbang menuju Pantai Matras, terdapat beberapa bilik pantai yang meskipun aksesnya cukup sulit tetapi memiliki panoramanya bagus dengan batu-batu granit raksasa menghiasi pantai yang kerap menjadi pilihan berbagai komunitas untuk berkemah dan berkumpul, sehingga saat weekend cukup dipadati pengunjung karena selain mudah dijangkau juga cukup murah dari segi biaya untuk berekreasi. (BBR)

 

Cocok Melepas Kepenatan

LOKASINYA yang nyaman dan tenang menjadi pilihan tersendiri bagi mereka yang suka akan keindahan pantai sembari meluapkan rasa riang gembira melepas penat bersama teman dan keluarga. Menjadi lebih istimewa dengan adanya sejumlah saung untuk berteduh sembari menikmati suasana alam laut dengan anginnya yang sepoi-sepoi. Rasa dahaga dan lapar pun akan bersambut dengan tersedianya penjual kelapa muda dan sejumlah penjual kuliner dengan aneka minuman, masakan khas Bangka, camilan Bangka, dan makanan lainnya yang tentu akan memanjakan lidah.

Budi, warga Kota Sungailiat mengaku senang ke Pantai Matras karena pantai publik ini serasa akrab dengan masyarakat semenjak dulu dan kini pun seperti tak pernah ditinggalkan karena kelebihan yang dimilikinya. Pemandangannya pun cukup bagus untuk spot-spot foto, plus air payau sehingga anak- anak bisa bermain lebih aman bagi yang takut dengan ombak laut.

“Meski ada banyak pantai baru di Bangka, Pantai Matras tetap lekat di hati. Ada banyak pepohonan rindang yang bikin teduh. Pantai ini akan terus indah bila terus dirawat dengan baik, bahkan mampu menarik kunjungan wisatawan ke Bangka karena top sekali pantai ini,” ujarnya. (BBR)