Pantau Pembangunan Selat Nasik Dari Udara, Gubernur Bermimpi Selat Nasik Jadi Sentra Produksi Pengolahan Laut

Ahada
Pantau Pembangunan Selat Nasik Dari Udara, Gubernur Bermimpi Selat Nasik Jadi Sentra Produksi Pengolahan Laut
Gubernur Babel Erzaldi Rosman bersama  Kapolda Babel Brigjen Anang Syarif Hidayat dan Bupati Belitung Sahani Saleh serta Camat Selat Nasik, meninjau sejumlah pembangunan di Pulau Selat Nasik Kabupaten Belitung, Jumat (14/2/2020). ( foto: ist).

BELITUNG, BABELREVIEW.CO.ID -- Menggunakan Helicopter milik Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Polda Babel), Gubernur Babel, Erzaldi Rosman memantau melalui udara sejumlah proses pembangunan di Pulau Selat Nasik, Kabupaten Belitung.

Hal ini dilakukan gubernur bersama  Kapolda Babel Brigjen Anang Syarif Hidayat dan Bupati Belitung Sahani Saleh serta Camat Selat Nasik, Jumat (14/2/2020).

Di atas ketinggian Gubernur Babel melihat capaian proses pembangunan Tambat Labuh Nelayan di Suak Kemang, dan Kawasan Prioritas Pedesaan Nasional (KPPN) Pelabuhan Tanjung Nyato, Pelabuhan Pos Terpadu Tanjung Kucing serta rencana pembangunan cold storage.

Ditemui usai peninjauan, Gubernur Erzaldi mengatakan sengaja memantau pembangunan lewat udara menggunakan Helikopter, disamping alasan agar lebih cepat, mengingat padatnya kegiatan pagi itu, juga agar terpantau dengan jelas lokasi-lokasi yang dimaksud dalam proses pembangunan di Selat Nasik.

Pembangunan di Selat Nasik dan pulau-pulau lain di Bangka Belitung dilakukan, sesuai dengan tujuan Pemerintah Pusat yaitu menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia melalui komitmen meningkatkan kesejahteraan nelayan, masyarakat pesisir, serta pulau-pulau kecil di wilayah terluar.

"Selain itu  juga untuk memberdayakan masyarakat setempat, sehingga pembangunan yang dimaksud benar benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ujar Erzaldi.

Di Selat Nasik yang sebagian besar masyarakatnya mengandalkan sumber daya laut sebagai mata pencaharian. 

Gubernur bermimpi di tempat ini dijadikan sebagai sentra produksi pengolahan laut.

Adanya SMK Negeri 1 Selat Nasik dengan kejuruan Agribisnis Perikanan serta pemenuhan sarana prasarana praktik sekolah, diyakini Erzaldi akan mampu mendorong terciptanya SDM yang handal dibidang ini.

Pembangunan lain seperti Tambat Labuh Nelayan di Suak Kemang, dan Kawasan Prioritas Pedesaan Nasional (KPPN) Pelabuhan Tanjung Nyato, Pelabuhan Pos Terpadu Tanjung Kucing, bisa menjadi wacana Bangka Belitung sebagai matra Pertahanan Nasional.

Rencana Pembangunan Cold Storage, dikatakan gubernur, akan menambah terwujudnya Selat Nasik sebagai Sentra Pengolahan Hasil Laut.

"Seluruh pembangunan dilaksanakan agar masyarakat terberdaya, sehingga mendukung perekonomian daerah" ungkapnya. (BBR)