Pemkab Basel Bangun Irigasi Senilai Rp 17 Miliar

kasmirudin
Pemkab Basel Bangun Irigasi Senilai Rp 17 Miliar
Kabid SDA Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan Bangka Selatan, Heri. (Foto: Andre)

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan Bangka Selatan, akan melakukan pembangunan irigasi di Desa Tanjung Sangkar, Gadung dan Kepoh dengan menggunakan dana APBD dan DAK.

"Pembangunan irigasi di Desa Tanjung Sangkar menggunakan dana APBD sebesar Rp 1,9 miliar. Sementara irigasi di Desa Kepoh sebesar Rp 10 miliar dan irigasi Desa Kepoh mencapai Rp 1,3 miliar, dengan menggunakan dana DAK," jelas Kabid SDA Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan Bangka Selatan,  Heri mewakili Plt kepala dinas.

Dikatakannya, terdapat 20 titik daerah irigasi di Bangka Selatan dan sudah terbangun sebanyak 11 irigasi. Di Desa Tanjung Sangkar luas cetak sawah mencapai 361 hektare dan untuk pembangunan irigasi secara keseluruhan membutuhkan dana sekitar Rp 17 miliar.

Pembangunan irigasi ini,  lanjutnya,  tentu berdasarkan skala prioritas, bagaimana ketersediaan airnya. Bagaimana minat warganya untuk Bertani," jelas Heri.

"Luas cetak sawah Desa Gadung mencapai 423 hektare, sedangkan Desa Kepoh mencapai 300 hektare. Saat ini tiga kegiatan tersebut sudah dilakukan tanda tangan kontrak dan sedang mobilisasi peralatan untuk selanjut dimulai pembangunan," bebernya pada Kamis (1/8/2019). 

Diakuinya, pembangunan irigasi sawah di Basel dilakukan secara bertahap berdasarkan skala prioritas. Irigasi sawah sangat dbutuhkan petani, dan tentunya Pemkab Basel akan membangun secara bertahap berdasarkan skala prioritas.

“Harapan kita pengairan sawah baik dan lancer, sehingga produksi padi petani bisa optimal,” tutupnya. (BBR)


 

Penulis  : Andre
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review