Pemkab Basel Gelar Lomba Balita Sejahtera

kasmirudin
Pemkab Basel Gelar Lomba Balita Sejahtera
Lomba Balita Sejahtera Indonesia (LBSI) di tingkat kabupaten, yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Bangka Selatan di Pendopo Bupati pada Kamis (8/8/2019). (Foto: Andre)

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Lomba Balita Sejahtera Indonesia (LBSI) di tingkat kabupaten, berhasil diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) di Pendopo Bupati pada Kamis (8/8/2019).

Bertemakan “Dahsyatnya Asi Eksklusif Untuk mencegah Stunting Menuju Generasi Berprestasi dan Berakhlak Mulia”. Acara ini dihadiri oleh Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM, Suryadi Budi,  Kepala DKPPKB Basel Supriyadi, Ketua TP PKK Basel Ekawati Justiar, serta para tamu undangan yang hadir.

Adapun perlombaan ini diikuti oleh 20 balita dari Puskesmas kecamatan yang ada di Kabupaten Basel. Bertindak sebagai juri perwakilan dari dokter, dokter gigi, perawat dan tim kesehatan lainnya.

Staf Ahli Kemasyarakatan Basel, Suryadi Budi mewakili bupati Basel mengatakan,  perlu diketahui pembangunan kesehatan sebagai bagian dari upaya membangun manusia seutuhnya. Salah satunya melalui upaya kesehatan anak sedini mungkin mulai dari dalam kandungan hingga melahirkan agar menghasilkan keturunan yang sehat dan lahir selamat.

"Kegiatan lomba balita sejahtera Indonesia dilaksanakan di setiap tahunnya mulai dari posyandu dilanjutkan dengan puskesmas dan puncaknya di tingkat kabupaten," imbuhnya.

Hal ini, sambungnya, dimaksudkan untuk meningkatkan peran serta keluarga dan masyarakat serta memotivasi para ibu untuk selalu merawat bayinya.

"Jumlah balita di Indonesia sangat besar diperkirakan 10 persen dari seluruh populasi. Mereka merupakan generasi penerus bangsa yang perlu perhatian, karena awal kegiatan merupakan masa yang sangat peka terhadap lingkungan," katanya.

Menurut dia, sesuai dengan tema lomba balita sehat, peran keluarga merupakan hal yang sangat penting dalam membentuk kepribadian anak.

“Peran orang tua dan orang-orang dalam lingkungannya memberikan arti yang sangat besar bagi seorang anak,” tutupnya. (BBR)


Penulis  : Andrei
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review