Pemuda Babel Intip Peluang Bisnis Gula Aren dengan Branding Sendiri

kasmirudin
Pemuda Babel Intip Peluang Bisnis Gula Aren dengan Branding Sendiri
Dio Febrian (kemeja hitam) memamerkan produk Gule Aren (Gulea) dengan label sendiri yang siap di pasarkan di Bangka Belitung. (Foto: Faisal)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Bisnis palm sugar (gula aren) sebagai salah satu komoditas yang bernilai ekonomis yang wajib diperhitungkan.

Komoditi yang punya potensi strategis skala nasional maupun internasional tersebut, mulai banyak digandrungi oleh para pelaku usaha dari mikro, kecil hingga menengah. Hal tersebut terlihat dari menggeliatnya penggunaan dan permintaa gula aren beberapa tahun terakhir.

Alasan tersebutlah yang membuat salah satu pemuda asal Bangka Belitung, Dio Febrian mencoba peruntungan untuk memasarkan gula aren dengan label sendiri ke skala lokal maupun nasional.

"Gula aren sekarang sedang digandrungi para pelaku usaha dan industri rumahan, bahkan menjadi bahan utama pengganti gula pasir. Peluang tersebutlah yang menjadi alasan saya, untuk memasarkan gula aren ini," ujarnya.

Dio mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan aren di masyarakat dirinya bekerja sama dengan pabrik aren yaitu Mitra Aren Indonesia di Sukabumi, Jawa Barat.

"Untuk harga kita terhitung sangat kompetitif, bahkan bisa dikatakan paling murah. Karena kita langsung disuplai dari pabrik ke masyrakat tanpa perantara," terangnya.

Untuk brand dan kemasan, dirinya membuat brand sendiri bernama gulea yang artinya gule aren yang diambil dari bahasa lokal.

"Gulea Indonesia memasarkan dua jenis produk yaitu liquid palm sugar (gula aren cair) dengan tiga kemasan yaitu 1 liter seharga Rp 35 ribu, 500 ml seharga Rp 25 ribu dan 250 ml dengan harga Rp 15 ribu serta gula aren pasir (semut) dengan harga Rp 38 ribu/kg," terangnya.

Dio menjelaskan, kalau produksi gula aren miliknya sudah memiliki sertifikasi halal dan BPOM serta label original 100 persen aren murni, sehingga aman untuk dikonsumsi.

"Kita jual produk bukan kaleng-kaleng, saat ni aren produksi Mitra Aren Sejati sudah menjadi penyuplai tetap gerai-gerai ternama seperti Kopi Kenangan, Torabika, Dweetindo, Nutrifood, Nabati dan Crown. Melalui Gulea Indonesia kita akan lebarkan sayap ke area Babel dan Sumatera, Insya Allah bulan depan produk kita sudah masuk Carefour Transmart Pangkalpinang," pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Faisal
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review