Peran UMKM Babel Dalam Meningkatkan Daya Pemasaran dan Keberagaman Jenis Penjualan

kasmirudin
Peran UMKM Babel Dalam Meningkatkan Daya Pemasaran dan Keberagaman Jenis Penjualan
Arleni (Mahasiswi Jurusan Akuntansi UBB)

USAHA Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan sebuah usaha yang menjanjikan bagi Indonesia ke depannya. Sehingga harus dikelola secara professional, agar mempunyai daya saing, terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). UMKM merupakan salah satu langkah tepat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena mampu menggerakkan perekonomian dan memberikan peluang usaha kepada para individu. Dengan pengembangan UMKM yang baik dan terstruktur juga dapat mengurangi kesenjangan sosial dan kemiskinan yang masih sering kita jumpai di Indonesia.

Pelaku UMKM harus memulai merancang strategi segmentasi dan taktik pemasaran, agar produk yang mereka jual tepat sasaran dan mempunyai value lebih dibandingkan dengan kompetitornya. Tak hanya strategi segmentasi, pengenalan media baru dalam berbisnis seperti internet juga perlu dipahami oleh pelaku UMKM. Cost yang rendah, jangkauan yang luas, dan dapat menciptakan komunikasi dua arah adalah beberapa alasan mengapa media ini harus dikuasai oleh para pelaku UMKM. Selain itu internet pun harus difungsikan secara cermat, agar tidak menjadi bumerang bagi pemilik bisnis.

Penggunaan komputer dalam bidang pemasaran dan penjualan dalam beberapa tahun terakhir berkembang dengan pesatnya. Dengan adanya internet proses pemasaran dan penjualan dapat dilakukan kapan saja tanpa terikat ruang dan waktu. Salah satu penerapan internet dalam bidang bisnis dan perdagangan adalah electronic commerce (e-commerce).

Salah satu kunci keberhasilan usaha kecil dan menengah adalah tersedianya pasar yang jelas bagi produk UKM. Sementara itu kelemahan mendasar yang dihadapi UKM dalam bidang pemasaran adalah orientasi pasar rendah, lemah dalam persaingan yang kompleks dan tajam serta tidak memadainya infrastruktur pemasaran. Menghadapi mekanisme pasar yang makin terbuka dan kompetitif, penguasaan pasar merupakan prasyarat untuk meningkatkan daya saing . Oleh karena itu peran pemerintah diperlukan dalam mendorong keberhasilan UKM untuk memperluas akses pasar melalui pemberian fasilitas teknologi informasi berbasis web yang dapat digunakan sebagai media komunkasi bisnis global. Dengan demikian diharapkan UKM dapat mendapatkan berbagai keuntungan dalam mempromosikan usahanya, mengakses informasi faktor-faktor produksi, melakukan transaksi usaha, serta melakukan komunikasi bisnis lainnya secara global, dalam rangka memperluas jaringan usahanya.

Saat ini di Kepulauan Bangka Belitung terdapat 200.000 lebih pelaku UMKM dan 6.000 di antaranya sudah bergabung dengan Bukalapak. Kemudian, ratusan pengusaha warung tradisional telah mendaftarkan warung mereka menjadi bagian dari mitra Bukalapak. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kami berharap dapat 'menaikkelaskan' para pelaku usaha dan penetrasi digital di kalangan masyarakat Kepulauan Bangka Belitung akan semakin menyeluruh. Para pelapak Kepulauan Bangka Belitung diharapkan bisa menjadi penggerak ekonomi daerah setempat sekaligus memperkenalkan produk komoditas unggulan daerah, seperti lada putih kepada masyarakat Indonesia lebih meluas. (BBR)


Penulis : Arleni (Mahasiswi Jurusan Akuntansi UBB)

Editor  :  Kasmir

Sumber : Babel Review