Perayaan Cap Go Meh di Puri Tri Agung Berlangsung Meriah

Admin
Perayaan Cap Go Meh di Puri Tri Agung Berlangsung Meriah
antraksi barongsai di puri tri agung sungailiat foto:(Irwan)

SUNGAILIAT, BBR-- Yayasan Bangka Jaya Lestari selaku pengurus Puri Tri Agung sukses menggelar perayan Cap Go Meh 2569 Imlek, Sabtu (3/3) di Pri Tri Agung, Sungailiat. Perayaan yang mengusung tema pemberdayaan ekonomi pariwisata di Provinsi Bangka Belitung tersebut menarik ribuan pengunjung yang sudah datang sejak sore hari.


Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman yang membuka acara tersebut dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah daerah mendukung perayaan Cap Go Meh dengan memasukan sebagai agenda pariwisata. “Tahun depan perayaan Cap Go Meh harus lebih meriah karena ini akan menjadi agenda pariwisata,” ungkap Erzaldi.
Ditambahkan Erzaldi, dengan hadirnya kelompok shaolin, seniman dan biksu yang berasal dari Tiongkok maka menjadi awal yang baik untuk kerjasama dibidang pendidikan dan kebudayaan antara pemerintah daerah dengan Tiongkok. “Jadi sudah saatnya kita melakukan pertukaran pendidikan dan budaya, nanti dari Bangka Belitung kita kirim ke Tiongkok begitu juga sebaliknya. Agar tradisi budaya kita juga bisa dikembangka disana,” jelasnya.


Then Yohanes selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa Cap Go Meh jatuh pada tanggal 15 kalender china. Namun pada tanggal 15 kemarin panitia mengagendakan khusus untuk sembahyang dan perayaan Cap Go Meh sendiri dilakukan pada tanggal 16. Bukan hanya hiburan, Yohanes menjelaskan bahwa panitia juga melakukan bakti sosial pengobatan gratis untuk masyarakat.


“Selain pengobatan gratis pada malam ini kami juga menyediakan kuliner semua gratis. Ada lontong cap go meh yang kami sediakan sebanyak 2000 porsi, ada juga Thew Fu Fa (kembang tahu), bubur kacang hijau dan ada sponsor juga kasih gratis produknya,” jelas Yohanes.


Acara hiburan diawali dengan berbagai pertunjukan tari dari muda-mudi Budha dan Konghucu. Tidak ingin ketinggalan, ibu-ibu dari Grup Senam Puri Tri Agung pun ikut mengisi acara dengan tarian lengkap dengan busana serba merah.


Menambah meriah acara, penonton yang hadir malam itu juga disuguhkan atraksi tonggak barongsai dari Kelompok Barongsai Budi Dharma Shaolin yang memiliki prestasi tingkat nasional, yaitu juara pertama kejuaraan tonggak barongsai di Ancol, Jakarta. Dalam Atraksinya, barongsai melompati tonggak besi yang tingginya dua sampai tiga meter. Atraksi ini juga membuat suasana dipenuhi tepuk tangan dan ungkapan kagum. Tak sedikit juga penonton yang ikut tegang saat barongsai dengan lincah loncat melewati tonggak-tonggak besi.


Pertunjukan seni bela diri Kung Fu yang disajikan oleh Kelompok Shaolin Temple Quanzhou Fujian juga sukses membuat ribuan pengunjung yang hadir terhipnotis dengan aksinya menggunakan senjata dan jurus-jurus yang indah. Sebanyak delapan shaolin tersebut juga mengemas pertunjukan
Pengusaha asal Bangka Belitung Hendry Lie yang juga mendukung penuh perayaan Cap Go Meh di Puri Tri Agung berkesempatan memberikan tanda mata berupa karya lukisan yang dibuat seniman asal Tiongkok kepada Dandrem dan Danlanal.  


Penyanyi asal Bangka Tommy Ali yang hadir bersama sejumlah penyanyi ibu kota juga membuat perayaan Cap Go Meh lebih meriah. Diiringi Aries Band, Tommy Ali membawakan sejumlah lagu yang membuat penonton ikut bernyanyi. Bahkan Kelompok Senam Puri Tri Agung dengan kompak ikut berjoged bersama hingga tutup acara. (IRWAN)


Penulis :IRWAN
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview