Peringati HUT Damkar, Mulkan Ingin Bentuk Dinas Pemadam Kebakaran

kasmirudin
Peringati HUT Damkar, Mulkan Ingin Bentuk Dinas Pemadam Kebakaran
Bupati Bangka, Mulkan SH beserta pada tamu undangan saat menghadiri HUT Sat Pol PP ke 69, Satlinmas ke 57 dan Pemadam Kebakaran ke 100 di halaman Kantor Pemkab Bangka, Rabu (10/4/2019) pagi. (Foto: Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Bupati Bangka Mulkan SH, memimpin upacara peringatan HUT Sat Pol PP ke 69, Satlinmas ke 57 dan Pemadam Kebakaran ke 100 dengan tema "Penting Trantibumlinmas Melalui Optimalisasi Peran Pemadam Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat Guna menyukseskan Pemilu Serentak Tahun 2019" , di halaman Kantor Pemkab Bangka, Rabu (10/4/2019) pagi.

Bupati Bangka mengajak kepada peserta upacara untuk meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Damkar, Sat Pol PP dan Linmas bukan hanya penjaga kota yang bertindak pasif, tetapi harus berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan dan memberikan perlindungan kepada masyarakat,” tukasnya.

Mulkan menuturkan,  bahwa sebentar lagi Indonesia akan menghadapi pemilihan serentak. Maka dari itu ia mengajak kepada seluruh aparatur pemerintahan dan seluruh komponen lainnya untuk ikut menyukseskan   pelaksanaan pemilu tersebut.

Baca Juga: 34 Peserta Diklatpim IV Muara Enim Kunjungi Pemkab Bangka

“Mari kita jaga bersama-sama kualitas penyelenggaraan pemilu ini berjalan sesuai dengan kaidah-kaidah demokrasi, luber dan jurdil serta bermartabat," tukas Mulkan.

Ia mengajak kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjaga netralitas dalam proses pemilihan umum ini. Karena netralitas ASN akan turut mempengaruhi  berjalannya seluruh proses demokrasi sesuai dengan ketentuan.

Terkait dengan Pemadam Kebakaran, Mulkan menyampaikan, bahwa Damkar harus berdiri sendiri sebagai sebuah dinas. Tugas dan tanggung jawab Damkar dalam melindungi dan melayani masyarakat hanya akan maksimal bila dilaksanakan oleh sebuah dinas yang mandiri di daerah.

“Saya ingin menekankan perlunya membentuk Dinas Pemadam Kebakaran yang mandiri dan tidak bergabung dengan perangkat daerah lainnya. Sehingga setara dengan penyelenggara urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar lainnya dan dapat maksimal dalam memberikan perlindungan dan melayani seluruh masyarakat," tegasnya.

Acara itu dihadiri oleh kepala Pengadilan Negeri Sungailiat, ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, Kejaksaan Negeri Sungailiat, Polres Bangka dan beserta tamu undangan lainnya. (BBR)


Penulis : Ibnu  
Editor   : Kasmir
Sumber : Babel Review