Piala Dunia 2018: Senegal Tekuk Polandia 2-1

kasmirudin
Piala Dunia 2018: Senegal Tekuk Polandia 2-1
Skuat Senegal merayakan gol kedua ke gawang Polandia di laga Grup H Piala Dunia 2018, Selasa (19/6/2018).(ist)

Tim nasional Senegal sukses meraih kemenangan 2-1 saat berhadapan dengan Polandia dalam matchday pertama Grup H Piala Dunia 2018 di Stadion Spartak (Otkrytie Arena), Moskow, pada Selasa (19/6/2018).

Gol bunuh diri Thiago Cionek dan akselerasi M'baye Niang hanya bisa dibalas melalui tandukan Gregorz Krychowiak di menit akhir.

Polandia dan Senegal sebenarnya tampil cukup terbuka pada awal laga, kedua tim berusaha melakukan tekanan ke daerah pertahanan lawan, tapi kedisiplinan lini belakang keduanya membuat mereka kesulitan menggali peluang.

M'Baye Niang mendapat peluang emas pertama di laga ini pada menit ke-18, memanfaatkan kesalahan umpan Zielinski di daerah sendiri Sabaly melakukan akselerasi dan melepas umpan terobosan cantik pada Niang di kotak penalti, sayangnya ia mengambil keputusan tidak jelas antara memberikan umpan lagi atau melepas tembakan.

Perlahan Senegal mampu mengambil kontrol permainan, pressing ketat yang dipadukan kekuatan dan kecepatan para pemain membuat Polandia benar-benar kewalahan.
Lewandowski nyaris terasing di lini depan, sementara Arek Milik tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik di belakang striker Bayern Munich tersebut.

Pertahanan skuat asuhan Adam Nawaka masih mampu meredam para penyerang lawan ketika mendapat tekanan sehingga pemain Senegal tidak mampu menciptakan tembakan ke gawang meski dominan, namun kesalahan sendiri menjadi petaka bagi Polandia.

Ketika paruh pertama menyisakan delapan menit, Idrissa Gueye melepas tembakan jarak jauh yang salah diantisipasi oleh Thiago Cionek. Bola mengenai kakinya dan berbelok arah mengelabui Wojciech Szczesny yang mati langkah sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Paruh kedua berjalan dengan tempo lebih cepat, terutama Polandia yang mengejar ketinggalan. Mereka langsung mendapat kesempatan emas ketika laga baru berjalan lima menit, akselerasi Lewandowski dihentikan paksa di dekat kotak penalti, tapi eksekusi tendangan bebas sang striker masih bisa ditepis.

Senegal melalui kecepatan Sadio Mane langsung membalas, tapi pertahanan Polandia mampu menghadang tembakan pemain Liverpool tersebut di kotak penalti. Lukas Piszczek ganti mengancam gawang Senegal tapi tembakannya melenceng meski bebas di daerah lawan.

Di tengah keinginan Polandia mencari gol penyama, kesalahan sendiri yang fatal kembali dilakukan. Krychowiak tidak melihat pergerakan Niang, yang baru masuk usai mendapat perawatan, sehingga bola backpass berhasil dicuri. Eks pemain AC Milan itu kemudian tanpa kesalahan melewati kiper Szczesny sebelum menyarangkan bola ke gawang kosong untuk menggandakan skor.

Polandia semakin meningkatkan agresivitas serangan di sisa waktu yang ada, kerja keras mereka akhirnya pecah pada menit ke-86 setelah tendangan bebas Grosicki diteruskan dengan baik oleh Krychowiak untuk memperkecil ketinggalan.

Meski demikian, Senegal pada akhirnya berhasil mempertahankan keunggulan 2-1 atas Polandia hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.


Polandia 1 - 2 Senegal (Grzegorz Krychowiak 86'; Thiago Cionek 37'-bd, M'Baye Niang 60').(BBR)

Susunan pemain:

Polandia: 1-Wojciech Szczesny, 2-Michal Pazdan, 4-Thiago Cionek, 13-Maciej Rybus, 20-Lukasz Piszczek (18-Bartosz Bereszyński 83'), 19-Piotr Zielinski, 10-Grzegorz Krychowiak, 11-Kamil Grosicki, 16-Jakub Blaszczykowski (5-Jan Bednarek 46'), 7-Arkadiusz Milik (23-Dawid Kownacki 73'), 9-Robert Lewandowski

Pelatih: Adam Nawalka

Senegal: 16-Khadim N'Diaye, 3-Kalidou Koulibaly, 6-Salif Sané, 12-Youssouf Sabaly, 22-Moussa Wagué, 5-Idrissa Gueye, 13-Alfred N'Diaye (8-Cheikhou Kouyate 87'), 18-Ismaila Sarr, 19-M'Baye Niang (14-Moussa Konate 75'), 9-Mame Biram Diouf (11-Cheikh N'Doye 62'), 10-Sadio Mané

Pelatih: Aliou Cisse

Wasit: Nawaf Shukralla (Bahrain)


Penulis : Kasmir
Editor   :Kasmir
Sumber :Babelreview