Pleno Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Bangka Tunggu Keputusan MK

kasmirudin
Pleno Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Bangka Tunggu Keputusan MK
Rapat Pleno KPU Kabupaten Bangka yang rencananya digelar Senin (22/7/2019) malam, mengalami penundaan. (Foto: Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Rapat pleno terbuka yang digelar oleh KPU Kabupaten Bangka dalam penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Bangka mengalami penundaan.

Waktu pelaksanaan rapat pleno terbuka yang harusnya dilaksanakan Senin (22/7/2019) malam, terpaksa ditunda sampai menunggu informasi dari KPU pusat.

Saat melakukan pertemuan di Ruang Aurora Hotel Tanjung Pesona  Beach Resort & Spa Sungailiat, M Hasan selaku Ketua KPU Kabupaten Bangka mengatakan didepan utusan dari partai politik yang hadir mengatakan, bahwa seyogyanya penetapan perolehan kursi partai politik dan calon anggota DPRD kabupaten dapat dilaksanakan malam ini, tetapi tidak dapat dilanjutkan.

"Hal tersebut tidak dapat kita laksanakan sesuai dengan yang tertera di undangan, dikarenakan pada sore hari tadi mendapatkan broadcast melalui WA dari KPU RI melalui KPU Provinsi dan diteruskan ke KPU Kabupaten untuk melakukan penundaan penetapan perolehan kursi dan calon anggota DPRD," ungkapnya.

Dia mengucapkan permohonan maaf atas pribadi ataupun lembaga karena telah terjadi adanya penundaan. Pihaknya masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan beberapa partai politik peserta pemilu.

"Hari ini keluar 3 putusan MK yaitu putusan nomor 6145, putusan MK nomor 695916 dan putusan MK nomor 5954. Itu merupakan putusan terkait tidak dilanjutkan artinya gugatan partai politik provinsi Bangka Belitung ke MK dilanjutkan," terang Hasan.

Menurutnya, Pemilu bersifat nasional dan serentak, maka jika ada gugatan dari salah satu partai politik ke MK dan belum mendapatkan keputusan yang pasti dari MK, maka pihak KPU tidak diperbolehkan untuk melakukan penetapan.

"Sekali lagi, saya ucapkan maaf atas ketidaknyamanan ini. Karena adanya sesuatu hal yang menyebabkan adanya penundaan untuk melakukan penetapan. Kami tetap akan terus lakukan update berita terbaru dari KPU RI, untuk memastikan terkait tanggal penetapan selanjutnya," tutupnya. (BBR)


Penulis  : Ibnu
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review